icon-category Gadget

Review Performa Asus Zenfone 9: Si Mungil Tenaganya Luar Biasa

Foto: Meyka/Uzone.id

Uzone.id - Asus Zenfone 9 adalah contoh yang pas untuk ungkapan 'kecil-kecil cabe rawit'. Ukuran bodinya sungguh mungil dan ringan, tapi membawa dapur pacu yang powerfull. Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1, segini ternyata skor benchmark dari Asus Zenfone 9.

Asus Zenfone 9 jadi smartphone keempat yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 di Indonesia, setelah Samsung Galaxy Z Fold4, Z Flip4 dan Asus ROG Phone 6.

Sedikit tentang Snapdragon 8+ Gen 1, prosesor ini membawa upgrade 'minimalis' dari Snapdragon 8 Gen 1. Kendati begitu, peningkatan ini penting untuk memaksimalkan pengalaman pengguna saat memakai smartphone mereka.

Snapdragon 8 Gen 1 banyak dikeluhkan overheat yang juga berdampak pada kinerjanya yang langsung drop. Qualcomm pun langsung mencari solusinya, dengan menghadirkan Snapdragon 8+ Gen 1.

SoC (system on chip) ini dibuat dengan fabrikasi 4nm dari TSMC yang diklaim lebih adem, stabil dan bertenaga. Efisiensi dayanya juga lebih baik, sehingga pengguna tak lagi khawatir baterai ponsel kencang mereka cepat kehabisan daya saat digunakan.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 2 Dukung Ray Tracing, Game Android Makin Mirip PC

Di Zenfone 9, Asus memasangkannya dengan RAM mulai 8 GB hingga 16 GB dan penyimpanan internal seluas 128 GB atau 256 GB. 

Biar gak mudah naik suhu ponselnya, Asus menyertakan solusi pendinginan berupa vapor chamber dan lembaran grafit untuk menyebarkan panas.

Ditambah dengan thermal paste yang memaksimalkan pendinginannya. Luas sistem termal di Asus Zenfone 9 juga lebih luas 230 persen dibandingkan Asus Zenfone 8. 

Didukung fitur High Performance

Snapdragon 8+ Gen 1 sudah kencang, tapi Asus masih menyertakan beberapa mode untuk memaksimalkan kinerja Zenfone 9 di berbagai skenario penggunaan. Mode ini bisa diakses melalui bar notifikasi atau via pengaturan baterainya.

Salah satu modenya adalah High Perfomance yang menaikkan kinerjanya ke level maksimal. Tapi perlu diingat, mengaktifkan mode ini berpengaruh pada konsumsi daya yang jadi lebih boros. 

Ada juga mode Dynamic, dimana sistem Zen UI akan menyesuaikan performa ponsel sesuai aplikasi atau aktivitas yang dilakukan pengguna. 

Skor benchmark Asus Zenfone 9

Untuk mengetahui performa Asus Zenfone 9 dalam angka, tim Uzone.id melakukan serangkaian tes benchmark menggunakan beberapa aplikasi bantuan, seperti AnTuTu, 3DMark san PCMark.

Proses pengujian dilakukan dengan beberapa catatan. Pertama, mode High Performance diaktifkan. Kedua, kondisi smartphone sudah terpasang banyak aplikasi. Ketiga, benchmark dilalui secara simultan tanpa jeda, dimana 3DMark menjadi penguji terakhirnya.

Di AnTuTu Benchmark, Asus Zenfone 9 mencatatkan skor 1,08 juta poin! Skor yang begitu besar buat sebuah ponsel mungil.

Angka tersebut bahkan berhasil mengalahkan banyak smartphone flagship lainnya, seperti Samsung Galaxy Z Fold4, Xiaomi 12 Pro, dan lainnya.

Baca juga: Apple A16 Bionic vs Snapdragon 8+ Gen 1, Lebih Kencang Mana?

Dengan skor ini, berdasarkan Ranking AnTuTu Benchmark, menempatkan Asus Zenfone 9 sebagai ponsel ketiga paling cepat saat ini di bawah Asus ROG Phone 6 Pro dan ROG Phone 6. 

Diuji dengan PCMark, skornya juga sangat tinggi. Nilai yang didapatkannya mencapai 16 ribuan poin, salah satu yang tertinggi saat ini.

Namun ada yang menarik ditampilkan dari grafik PCMark. Kinerja yang diberikan sepanjang pengujian cenderung naik turun, dimana titik tertinggi berada pada simulasi yang berat.

Tes pamungkas adalah 3DMark. Aplikasi ini mengukur kemampuan kartu grafis atau GPU , yang dalam hal ini Adreno 730 di Snapdragon 8+ Gen 1. Berbagai simulasi dilakukan dengan ragam tingkatan kesulitan, dimana Wild Life Extreme menjadi pengujian paling beratnya.

Pada pengujian di bawah semisal Sling Shot, smartphone ini memperoleh skor Maxed Out alias mentok dan terlalu powerfull. Sementara saat diuji dengan Wild Life Extreme, skor rata-rata yang didapatkan adalah 2.797 poin dengan rata-rata frame rate mencapai 16,80 FPS.

Diuji dengan Wild Life Extreme Stress Test bikin smartphone ini kelihatan kewalahan. Memang skornya tinggi mencapai 2.772 poin dan nilai terendah 2.124 poin, tapi stabilitas performanya hanya 76,6 persen saja.

Asus Zenfone 9, ponsel Snapdragon 8+ Gen 1 termurah

Asus Zenfone 9 hadir dengan tiga varian kapasitas RAM dan penyimpanan, serta empat varian warna. Asus Zenfone 9 model 6/128 GB dibanderol Rp7,9 jutaan, sekaligus menjadi ponsel dengan Snapdragon 8+ Gen 1 paling murah di Indonesia.

Ada juga tipe 8/256 GB yang dijual Rp9,9 jutaan dan varian tertinggi 16/256 GB dipasarkan Rp11,9 jutaan.

Untuk varian 6/128 GB dan 16/256 GB, sudah tersedia di Indonesia melalui jaringan Asus Exclusive Store, Asus Online Store, Erafone, dan official store Asus Indonesia di Tokopedia. Sedangkan model menengah 8/256 GB bisa dibeli pada akhir Desember mendatang.

Asus menyediakan ragam promosi spesial bagi pelanggan mulai 17-30 November mendatang berupa cashback mulai Rp300 ribu untuk pembelian Asus Zenfone 9 varian 6/128 GB.

Baca juga: Asus Zenfone 9, Smartphone Snapdragon 8+ Gen 1 Termurah di Indonesia

Tambahan cashback dari bank tertentu senilai Rp350 ribu dan trade-in promo yang hanya tersedia di Erafone. Lalu, tambahan cashback lainnya dari bank atau Gopay Coins maupun melalui trade-in mulai dari Rp350 ribu yang hanya tersedia di Tokopedia.

Sementara untuk versi 16/256 GB, Asus memberikan promo berupa cashback Rp500 ribu dan gratis tas Smart Backpack Mount Casing senilai Rp1 juta.

Terdapat tambahan cashback dari bank tertentu senilai Rp500 ribu dan promo trade-in yang cuma tersedia di Erafone. Sama halnya, Asus memberikan cashback yang cuma ada di Tokopedia senilai Rp500 ribu.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini