icon-category Startup

Bangga! Jokowi Sebut Indonesia Punya 2 Decacorn dan 9 Unicorn

  • 17 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Tokopedia

    Uzone.id - Siapa sih yang gak bangga kalau ternyata Indonesia ternyata sudah punya 2 startup decacorn dan 9 unicorn. 

    Pencapaian ini dipamerkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan 2022 di Sidang Tahun MPR. Menurut orang nomor satu di Indonesia ini, Indonesia bahkan sudah mempunyai perusahaan digital yang bervaluasi miliaran dolar.

    Baca juga: GoFood Akhirnya Hadir di Tokopedia!

    Bagi yang belum tahu, startup decacorn adalah startup yang memiliki valuasi di atas USD10 miliar atau setara Rp147 triliun. Dan startup unicorn adalah startup yang memiliki valuasi di atas USD1 miliar setara Rp14,7 triliun.

    Nah, 2 startup decacorn ini adalah GoTo (Gojek dan Tokopedia) dan juga J&T Express. Nah, 9 unicorn ini adalah Ajaib, Traveloka, OVO, Tiket.com, JD.ID, Bukalapak, Kopi Kenangan, Blibli, dan Xendit.

    Menurut laporan dari CB Insight, J&T Express saat ini memiliki valuasi sekitar USD20 miliar.

    Presiden Jokowi juga menyebut kalau perkembangan perusahaan digital di Indonesia ini akan terus digerakkan untuk membantu UMKM. Terlebih ketika pemerintah menargetkan 30 juta UMKM tahun depan.

    Baca juga: Sejak Pandemi Gojek Gelontorkan Rp1 Triliun, Buat Apa Aja?

    “19 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dan ditargetkan sebesar 30 juta UMKM akan masuk ekosistem digital pada tahun 2024," ujar presiden Jokowi, Selasa (19/08).

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini