home ×
Digilife

Begini Cara Kerja Fitur Spaces Twitter yang Mirip Clubhouse

05 May 2021 By
Begini Cara Kerja Fitur Spaces Twitter yang Mirip Clubhouse
Share
Share
Share
Share

(Foto: Dok. Twitter)

Uzone.id - Tahun lalu, Twitter memperkenalkan fitur anyar bernama Spaces. Ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna memulai percakapan secara live berbasis audio.

Sejak saat itu, Twitter terus mengembangkan dan menguji fitur ini ke kelompok terbatas. Media sosial yang didirikan sejak 2006 ini juga mengklaim bahwa jutaan orang sudah bisa membuat sesi obrolan di fitur terbarunya.

Kini, Twitter pun semakin memperluas jangkauan Spaces. Akun-akun dengan jumlah pengikut 600 atau lebih sudah bisa memulai Spaces dan menjadi host.

Dalam pernyataan resmi dari Twitter, akun-akun tersebut kemungkinan besar memiliki pengalaman yang lebih baik saat mengadakan sesi di Spaces, karena audiens yang sudah mereka punya.

Baca juga: Clubhouse Persiapkan Versi Android, Pengguna iOS Kurang Banyak ya?

Dari penjabaran di atas, Spaces memang sekilas mirip dengan Clubhouse. Dulu, pengguna mengikuti orang karena Tweet mereka. Sekarang, pengguna dapat mendengar suara orang tersebut dan membicarakan apa yang sedang terjadi saat ini dan apa yang penting melalui Spaces secara live.

Lantas bagaimana cara kerja Spaces? Di Twitter untuk iOS dan Android, ketika seseorang yang kalian ikuti membuat atau berbicara di Spaces, lingkaran berwarna ungu akan muncul di bagian atas linimasa kalian selama sesi tersebut berlangsung.

Ketika bergabung dalam sebuah sesi sebagai pendengar, kalian dapat memberikan reaksi dengan emoji. Kalian juga bisa melihat Tweet yang disematkan, mengikuti percakapan dengan caption, mengirimkan Tweet atau DM Space tersebut, atau mengajukan permintaan untuk berbicara.

Bergabung ke sebuah sesi di Spaces. (Foto: Dok. Twitter)
Meminta untuk menjadi pembicara dalam sebuah sesi di Spaces. (Foto: Dok. Twitter)
Caption di sebuah sesi di Spaces. (Foto: Dok. Twitter)

Ketika bergabung sebagai pembicara, kalian dapat menyematkan Tweet ke Space tersebut, mengaktifkan caption atau teks agar pendengar dapat mengikuti apa yang kalian bicarakan. Kalian juga bisa mencuitkan tentang Space tersebut, agar followers juga bisa bergabung.

Menambahkan Tweet dalam Space yang Anda ikuti sebagai pembicara. (Foto: Dok. Twitter)

Ketika membuat sesi di Spaces, kalian memiliki kontrol atas siapa yang berbicara, topik yang dibicarakan, dan suasana yang ingin diciptakan. Undang orang untuk bergabung dengan mencuitkan atau mengirimkan DM kepada mereka, lalu undang mereka untuk berbicara secara langsung di Space kalian.

Baca juga: Tiga Kriteria Konten Medsos Di-takedown Oleh Kominfo

Memulai sesi di Spaces. (Foto: Dok. Twitter)

Untuk memastikan orang merasa aman untuk membuat dan berpartisipasi dalam percakapan di Spaces, Twitter menyediakan pengaturan keamanan bagi host dan juga pembicara.

Misalnya, sebagai host, kalian dapat membisukan (mute) pembicara, mencabut izin bicara, atau mengeluarkan mereka dari Space. Baru-baru ini, kami menambahkan fitur bagi host untuk dapat membisukan seluruh pembicara secara bersamaan dan halaman pengelolaan / pengaturan yang baru untuk mempermudah kalian ketika menjadi host di Spaces.

Siapapun dapat melaporkan dan memblokir orang lain di sebuah Space, atau melaporkan sesi Spaces itu sendiri. Orang yang sudah kalian blokir tidak dapat bergabung pada sesi Spaces yang kalian mulai. kalian akan melihat label dan peringatan jika seseorang yang kalian blokir sedang berbicara di sesi Spaces yang kalian ikuti.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article