icon-category Startup

Berapa UMKM yang Sudah Go Digital di Ekosistem GoTo?

  • 28 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Konferensi Maju Digital (Dok. Vina/Uzone.id)

    Uzone.id - Kembali mengulang kesuksesan tahun lalu, GoTo menghadirkan Konferensi Maju Digital (KoMD) bagi UMKM dimana acara ini juga menjadi agenda GoTo dalam mendukung misi pemerintah dalam presidensi G20 2022. Konferensi ini digelar pada Kamis, (27/10).

    Mengusung Transformasi Usaha Digital dan Ramah Lingkungan, GoTo terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung kemajuan dan daya saing UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

    Ekosistem GoTo sendiri mengklaim kalau saat ini terdapat 15 juta mitra usaha yang tergabung ke platform mereka, 2,6 juta pengemudi dan lebih dari 67 juta pengguna yang bertransaksi tahunan.

    Melihat dampak UMKM yang besar terhadap PDB Indonesia, Nila Marita sebagai Chief of Corporate Affairs Group GoTo mengatakan, “Grup GoTo menghadirkan KoMD untuk mendorong kemajuan para mitra UMKM melalui program edukasi dan pemberdayaan berkelanjutan.”

    Baca juga: Anak Perusahaan Asal Jepang Ini Pakai Layanan RUN System

    Hadirnya KoMD 2022 ini dilatarbelakangi oleh tingginya animo peserta tahun 2021 lalu yang mencapai sekitar 14 ribu peserta secara online.

    “KoMD adalah konferensi UMKM nasional terbesar dari Grup GoTo untuk mendorong kapasitas pegiat UMKM Indonesia melalui berbagai inisiatif dan solusi teknologi, agar dapat terus beradaptasi dengan perkembangan dunia usaha masa kini,” jelas Group Head of Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan.

    “Lebih dari 14 ribu peserta berpartisipasi dalam rangkaian KoMD 2021 dan mayoritas berasal dari Jabodetabek, Surabaya, Medan, Makassar dan Manado,” tambahnya.

    VP of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat mengatakan, “Grup GoTo memberikan pembekalan terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia semakin menjadi pilihan masyarakat.”

    “Tahun ini, KeMD 2022 juga menghadirkan topik seperti pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, hingga pembangunan bisnis yang ramah lingkungan,” tambah Puput.

    Baca juga: Tokopedia ‘START Elevate’, Mengulik Peran Desain di Ranah Teknologi

    Ia juga menambahkan, banyak pegiat usaha lokal yang hadir sebagai narasumber dan siap berbagi inspirasi, seperti pemilik KEM Footwear, Buttonscarves, Erigo, SukkhaCitta, Teguk, Wakacao, dan banyak lagi.

    Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini konferensi berlangsung secara tatap muka (offline) di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta dan dapat disaksikan live melalui website Tokopedia Academy, YouTube Mitra Usaha Gojek, YouTube Tokopedia Seller, Tokopedia PLAY dan GoPlay.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini