home ×
Digilife

Bill Payment dan Kirim Uang Jadi Fitur Terfavorit di Dana saat Pandemi

11 September 2020 By
Bill Payment dan Kirim Uang Jadi Fitur Terfavorit di Dana saat Pandemi
Share
Share
Share
Share

(Foto: Dok. Dana)

Uzone.id - Pandemi COVID-19 telah mendorong banyak perubahan di berbagai lini kehidupan masyarakat. Perubahan yang terlihat mengemuka adalah meningkatnya adopsi teknologi digital, termasuk pemakaian dompet digital seperti Dana di kalangan masyarakat luas.

Faktanya, peningkatan animo masyarakat dalam memanfaatkan dompet digital Dana, secara general, terlihat pada beragam transaksi kebutuhan pokok rumah tangga, pembayaran tagihan-tagihan, hingga donasi kemanusiaan.

Berdasarkan pernyataan resmi Dana, selama pandemi, penggunaan dompet digital Dana untuk mendukung transaksi online tercatat lebih dominan dibandingkan dengan penggunaan untuk transaksi offline.

Baca juga: Riset: Warga Asia Tenggara Online 5-10 Jam Setiap Hari

Dari total transaksi yang dilakukan dengan menggunakan dompet digital Dana, 98 persen di antaranya merupakan transaksi online. Adapun 2 persen lainnya merupakan transaksi offline dengan menggunakan QR Code.

Dari keseluruhan tren peningkatan bertransaksi nontunai dengan menggunakan dompet digital Dana, transaksi pembayaran kebutuhan rumah tangga dan transfer uang menjadi dua aktivitas dengan peningkatan signifikan.

Ini tampak dari signifikansi peningkatan pemanfaatan fitur Bill Payment dan Kirim Uang yang masing-masing meningkat lebih dari 40 persen dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA mengatakan, ”Tren tersebut juga menjadi konfirmasi makin menguatnya pengakuan masyarakat terhadap keandalan teknologi digital dalam mengakselerasi berbagai kebutuhan transaksinya secara efisien.”

Baca juga: Mulai 1 Oktober Twitter, Zoom, JD.id dan Shopee Kena Pajak 10 Persen

“Ini menjadi indikasi positif meningkatnya inklusi digital di bidang finansial, sekaligus menguatnya budaya nontunai yang makin efisien, kompeten, dan aman di kalangan masyarakat luas,” imbuhnya.

Fitur Bill Payment dapat digunakan untuk melakukan pembayaran berbagai kebutuhan, seperti membayar tagihan internet, TV Kabel, listrik, gas, PAM, hingga BPJS. Pengguna dapat memilih sumber dana yang beragam untuk melakukan pembayaran, bisa dari saldo Dana, ataupun dari dana yang ada di kartu kredit dan kartu debit yang telah tersimpan dan terotorisasi di Dana melalui teknologi Binding Card.

Begitu pula dengan aktivitas pengiriman uang melalui fitur Kirim Uang, pengguna Dana dapat dengan mudah dan aman melakukan transfer ke sesama pengguna Dana melalui akun virtual, ke rekening bank, serta dapat digunakan untuk mengirimkan uang lewat aplikasi pesan WhatsApp serta Line.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article