icon-category Gadget

Bocoran Asus Zenfone 9, Bodi Mungil & Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1

Uzone.id - Setelah ponsel gaming ROG Phone 6, Asus mau menghadirkan smartphone lainnya dalam waktu dekat. Bukan smartphone untuk gaming, melainkan ponsel mainstream Asus Zenfone 9 yang bocorannya sih bakal mengusung dimensi bodi kompak dan spesifikasi yang luar biasa ngebut.

Seri Zenfone dari Asus dikenal dengan dimensi bodinya yang ringkas serta dikemas dalam desain yang sederhana. Konsep tersebut juga dibawa oleh Asus Zenfone 9 yang bakal diperkenalkan di tahun ini.

Baru saja beredar video iklan resmi dari Asus Zenfone 9 yang belum diluncurkan secara resmi. Beberapa spek utama serta fitur dari smartphone ini terkuak, termasuk penggunaan prosesor terbaru dan kencang dari Qualcomm, Snapdragon 8+ Gen 1.

Dari video produk yang beredar, suksesor Asus Zenfone 8 itu dibuat dengan  dimensi yang begitu kompak. Ukuran layarnya 5,9 inci, membuatnya mudah dikantongi atau digenggam dengan satu tangan saja.

Adapun untuk layarnya, smartphone ini mengusung panel AMOLED dari Samsung berukuran 5,9 inci dengan refresh rate 120Hz. Tak disebutkan memang apakah kecepatan refresh itu sudah adaptif atau belum.

Desain layarnya masih sama dengan Zenfone 8, flat dan mempunyai lubang kamera di sudut kiri atas layar. Tak ada ubahan yang berarti pada bagian depannya.

Sayangnya, layar AMOLED ponsel ini belum mendukung sensor sidik jari di dalamnya. Sensor sidik jari diletakkan pada tombol di samping bodi yang diberi nama ‘ZenTouch’. 

Baca juga: Spesifikasi Gahar Asus ROG Phone 6 Series

Sedangkan di belakang, Asus Zenfone 9 punya desain yang entah kenapa kok mirip dengan Huawei P50 Series. Desainnya memang fresh, namun cukup mirip dengan ponsel andalan dari Huawei yang lahir tahun lalu.

Ada dua lingkaran kamera berukuran besar yang menjadi tempat bagi dua kamera belakang smartphone ini. Spesifikasi kamera yang diusung Asus Zenfone 8 tidak diungkapkan semua, hanya disebutkan kalau ponsel ini punya kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX766 dan didukung six-axis gimbal untuk stabilisasi video.

Ada empat pilihan warna dari smartphone ini, yakni biru muda, merah terang, putih yang cenderung seperti krem, dan warna hitam yang terlihat elegan. “Compact size. Big Possibilities,” begitu kata Asus dalam videonya.

Meski kecil ukurannya, tapi ponsel ini dibangun dengan build quality yang bagus. Bahkan, rating IP68 juga didapatkannya yang berarti ponsel ini sudah tahan air dan debu.

Spesifikasi dan Fitur Utama Asus Zenfone 8

Asus Zenfone 9 ditenagai oleh Snapdragon 8+ Gen 1 sebagai mesin utamany. RAM dan memori penyimpanan ponsel ini belum diungkap sepenuhnya, namun besar kemungkinan berjenis LPDDR5 dan UFS 3.1 yang kencang.

Baterai Zenfone 9 lumayan jumbo juga walau ukuran bodinya cukup kecil. Baterai 4.300 mAh disematkan di dalamnya dan didukung oleh fast charging yang cepat untuk mengisi daya dalam waktu singkat.

Baca juga: Review Asus Vivobook 13 Slate OLED

Suksesor Zenfone 8 juga punya speaker stereo yang digambarkan menggelegar suaranya, jack audio 3,5mm, dan memiliki sejumlah aksesori resmi yang menarik. Asus menyediakan mounting khusus yang memungkinkan pengguna memasangkannya ke ransel. Kemudian ada casing Connex dengan kickstand dan tempat kartu di belakangnya.

Hingga kini belum diketahui kapan ponsel tersebut akan diperkenalkan. Well, kita nantikan saja update selanjutnya ya!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini