icon-category Gadget

Bocoran Spek Huawei P60 Pro, Bagus Sih Tapi Masih 4G LTE

Ilustrasi Huawei P60 Pro

Uzone.id - Huawei sudah menyiapkan lawan tangguh untuk Samsung Galaxy S23 Series, terutama Galaxy S23 Ultra. Ya, siapa lagi kalau bukan Huawei P60 Pro yang rencananya akan meluncur pada Maret 2023 mendatang.

Sudah jadi pakemnya, P Series dari Huawei pasti bakal mengusung sistem kamera yang canggih dan langganan masuk jajaran ponsel dengan kamera terbaik menurut situs DXOMark. 

Begitu juga dengan Huawei P60 Pro. Smartphone ini memang tak mengusung kamera 200 MP seperti lawannya, Galaxy S23 Ultra. Tapi, Huawei menyematkan sensor Sony IMX888 50 MP sebagai kamera utamanya.

Dipasangkan dengan kamera ultrawide 50 MP juga dengan sensor yang tak kalah mentereng, yakni Sony IMX858. Kemudian, ada kamera telephoto 64 MP dengan sensor OmniVision OV64B. 

Baca juga: Xiaomi 12T vs Realme 10 Pro+: Adu Kuat Ponsel Harga Rp6 Jutaan

Belum ada informasi, apakah kamera telephoto itu memiliki jenis lensa periskop atau tidak. Sebagai informasi, P Series sejak Huawei P30 Pro rutin menggunakan kamera periskop dengan kemampuan optical-zoom yang jauh.

Snapdragon 8 Gen 2, tapi masih 4G LTE

Seperti ponsel flagship lainnya, Huawei P60 Pro ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2. Tapi masih sama seperti Huawei P50 Pro, chipset flagship yang sudah berkemampuan 5G tersebut, malah ‘dibatasi’ di jaringan 4G LTE saja.

Alasannya, tentu saja embargo Amerika Serikat (AS) atas Huawei yang masih berlaku. Kendati begitu, ragam teknologi baru tetap disematkan, seperti RAM LPDDR5X dan penyimpanan internal UFS 4.0.

Lalu, baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang didukung fast charging 100W via kabel serta wireless charging dengan output hingga 50W. 

Baca juga: Redmi Pad vs Oppo Pad Air: Mending yang Mana?

Di bagian layar, ponsel ini mengusung panel OLED dengan ukuran 6,6 inci dan beresolusi 1440p atau QHD+. Refresh rate-nya 120Hz yang mungkin berfitur adaptif.

Fitur lainnya, Huawei P60 Pro berjalan di sistem operasi HarmonyOS 3.0 dan sudah mengantongi rating IP68 tahan air dan debu. Seperti generasi yang lalu, Huawei P60 Pro pun diduga kuat akan dipasarkan secara global, namun belum ada gambaran soal harga resminya. Kita tunggu saja.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini