icon-category Gadget

Redmi Pad vs Oppo Pad Air: Mending yang Mana?

Uzone.id - Pasar tablet di Indonesia saat ini gak cuma ‘dikuasai’ oleh Apple. Huawei dan Samsung saja. Brand lain pun ‘turun gunung’ untuk masuk ke segmen yang kurang dijamah ini, terutama makin populernya gaya kerja mobile semenjak pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak 2019.

Xiaomi dan Oppo mulai masuk ke ranah ini, melalui dua produk tabletnya Redmi Pad dan Oppo Pad Air Mini. Keduanya dijual di rentang harga yang hampir serupa, Redmi Pad dibanderol Rp3,5 jutaan dan Oppo Pad Air harganya Rp3,9 jutaan.

Masing-masing dari keduanya mengusung spesifikasi dan fitur yang unggul satu sama lain, dan memang cocok banget buat dibikin perbandingan lebih bagus mana antara Redmi Pad dengan Oppo Pad Air.

Dan kebetulan, kedua perangkat ini pun kami sudah menggunakannya sebagai perangkat daily untuk mendukung pekerjaan. Berikut ini komparasi keduanya, Uzoners!

Baca juga: Apple, Xiaomi dkk Minggir Dulu, Samsung Jadi Raja Pasar Ponsel 2022

Desain

Build quality jadi salah satu andalan di Redmi Pad dan Oppo Pad Air. Walau keduanya dilepas di harga yang ramah dompet, tapi keduanya tetap mengusung bodi aluminium tangguh sebagai material utama.

Alhasil, keduanya terasa solid di genggaman. Berasa aman-aman saja pakai Redmi Pad dan Oppo Pad Air saat kerja mobile. Dari segi dimensi, form factor Oppo Pad Air lebih enak digenggam ketimbang Redmi Pad, wajar karena ukuran layarnya pun lebih kecil dari Redmi Pad.

Bobotnya juga lebih ringan Oppo Pad Air, sekitar 440 gram berbanding 465 gram di Redmi Pad.

Layar

Keduanya punya panel layar dan fitur yang mirip. Sama-sama IPS LCD, resolusinya 2K, dengan cakupan warna 1 miliar warna atau 10-bit. Kurangnya pun sama lagi, gak ada lapisan kaca pelindung pada layar, baik itu Gorilla Glass atau lainnya.

Cuma di sini, Redmi Pad unggul sedikit. Panel layarnya yang berukuran 10,61 inci sudah mendukung refresh rate 90Hz dengan intensitas cahaya yang mencapai 400 nits. Sementara Oppo Pad Air, sama sekali tidak mendukung refresh rate tinggi dan cuma menawarkan intensitas cahaya layar sampai 360 nits saja, sementara ukurannya pun hanya 10,36 inci saja.

Baik Redmi Pad dan Oppo Pad Air, menggunakan layar yang mendukung masukan dari stylus, setidaknya keduanya pas buat kreator konten.

Baca juga: FOTO: Jelajah Bodi Oppo Pad Air

Performa

Redmi Pad dengan Oppo Pad Air sudah ditenagai oleh prosesor dengan arsitektur 6nm, masing-masing menggunakan MediaTek Helio G99 dan Snapdragon 680. Secara performa, keduanya beda-beda tipis, walau Redmi Pad lebih unggul kinerjanya.

Dari pengujian AnTuTu, Redmi Pad mencatatkan skor 317 ribuan poin berbanding 261 ribuan poin yang dicatatkan oleh Oppo Pad Air. Besaran RAM dan penyimpanan internal keduanya pun terpaut agak jauh.

Redmi Pad
Oppo Pad

Redmi Pad punya RAM 6 GB yang sudah mendukung RAM Expansion 2 GB, yang membuatnya punya total RAM 8 GB. Oppo Pad Air cuma 4 GB saja, bisa ditambah juga secara virtual hingga 3 GB saja.

Penyimpanan internal Redmi Pad dua kali lipat lebih banyak, 128 GB berbanding 64 GB dari Oppo Pad Air. Untung, keduanya mampu diperluas lewat slot microSD.

Di bagian baterai, perpaduan MediaTek Helio G99 dengan baterai 8.000 mAh pada Redmi Pad membuatnya punya daya tahan yang lebih baik. Oppo Pad Air dengan Snapdragon 680 dan baterai 7.100 mAh juga punya efisiensi daya yang baik, kebetulan Snapdragon 680 pun memang unggul dalam hal ini.

Soal pengecasan, keduanya sama-sama didukung fast charging 18W. Adaptor charger sudah tersedia dalam paket pembelian, lengkap dengan kabel USB-C juga.

Aksesoris

Bagian ini yang membuat Oppo Pad Air unggul dari Redmi Pad. Oppo menyediakan aksesoris resmi untuk tabletnya, baik itu stylus, keyboard, sampai smart cover-nya.

Aksesoris itu dapat dibeli melalui situs resmi Oppo Indonesia, sehingga tak merepotkan pengguna bila ingin memasangkan tablet ini dengan aksesoris yang ada. 

Sementara Redmi Pad, Xiaomi tak menjual aksesoris resminya meski tablet itu sudah mendukung stylus dan keyboard juga. 

Pengguna yang ingin memaksimalkan potensi Redmi Pad menggunakan aksesoris tersebut, ‘terpaksa’ harus repot untuk mencari perangkat yang pas dan sesuai dengan Redmi Pad di toko online.

Well, pilih yang repot atau enggak nih?

Baca juga: 7 Smartphone Flagship yang Bakal Warnai 2023, Ngincer yang Mana?

Kamera

Redmi Pad dan Oppo Pad Air sama-sama punya kamera belakang 8 MP. Bedanya di depan saja, dimana kamera selfie tablet Xiaomi 8 MP dan Oppo cuma 5 MP.

Dari besaran resolusi, tentu Redmi Pad lebih bagus. Terbukti dari tes yang dilakukan, detail dari kamera Redmi Pad lebih bagus buat sekadar foto-foto. Buat video conference atau sekadar video call, tablet ini juga lebih oke dari Oppo.

Untuk kamera belakang, memang gak ada yang bisa diharapkan dari kamera utama 8 MP. Kami sarankan, kamera tersebut digunakan untuk memindai dokumen menggunakan fitur bawaan pada kameranya. 

Kesimpulan

Kedua tablet ini sebenarnya punya kebolehan yang cukup adil. Redmi Pad membawa layar yang lebih luas, transisi antar aplikasi juga berjalan dengan lancar berkat refresh rate yang lebih tinggi.

Namun soal multimedia, keduanya menyuguhkan kualitas yang jempolan. Selain layarnya yang berkualitas tinggi, quad speaker yang diusung keduanya juga melahirkan keluaran suara yang mumpuni untuk berbagai kebutuhan.

Nonton video atau atau film, dengerin musik tanpa headset, main game kasual, keluaran suaranya terasa nendang dan tak terdengar pecah. 

Performanya juga agak seimbang, walau Redmi Pad sedikit lebih unggul terutama dalam daya tahan baterainya berkat kapasitas yang lebih besar. 

Baca juga: Poco X5 Pro Bakal Rilis Juga, Kameranya 108 MP dan RAM Hingga 12 GB

Oppo Pad Air unggul dalam hal form factor-nya. Tablet ini lebih ringkas dan lebih enak dibawa kemana-mana, mengingat bobotnya juga yang lebih ringan.

Juga, tablet ini memiliki aksesoris yang lebih lengkap dan resmi pula. Buat kalian yang gak mau ribet, setidaknya bisa memilih Oppo Pad Air berkat kelengkapan yang diberikannya.

Namun balik lagi, tergantung kebutuhan dan mau atau tidaknya kalian repot. Kebutuhan, karena Redmi Pad memberikan manfaat yang lebih luas, berkat tenaga yang oke, baterai jumbo, layar lebih besar, dan RAM serta penyimpanan internal yang luas.

Sementara Oppo Pad Air, memungkinkan penggunanya untuk bebas menggunakan aksesoris resmi tanpa harus mencari-cari lagi peripheral third party yang mungkin belum cocok dipasangkan dengan Redmi Pad.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini