icon-category Gadget

Bocoran Spek iPhone 14 Pro & 14 Pro Max, Rilis Awal September?

Uzone.id - iPhone 14 Series menjanjikan upgrade signifikan, tak cuma pada performa tapi juga desainnya. Kabarnya, Apple akan melahirkan empat seri sekaligus, yakni iPhone 14, 14 Max, 14 Pro dan 14 Pro Max.

Dari rumor yang beredar, iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max akan menjadi dua model yang paling menarik perhatian dibanding dua seri lainnya. Sebab, kedua iPhone terbaru itu menjadi versi tertinggi yang mengusung desain berbeda.

Dua varian tertinggi ini tak lagi menampilkan 'layar berponi', melainkan menjadi 'layar berlubang' alias punch hole sebagai tempat bagi kamera depan dan komponen pendukung untuk Face ID.

Tak cuma itu, baik iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max akan mendapatkan fitur spesial yang mungkin tidak akan diberikan Apple pada seri iPhone lainnya. Fitur tersebut adalah always on display yang menjadi salah satu fitur unggulan dari iOS 16.

Baca juga: Harga iPhone 10 Tahun Lagi Super Mahal

Fitur ini memanfaatkan panel LTPO AMOLED yang juga dipakai oleh kedua iPhone terbaru itu. Nantinya, pengguna bisa menampilkan informasi seperti waktu, tanggal, dan notifikasi yang masuk.

Punya kamera yang lebih Pro

Dikutip dari 9to5Mac, analis terkenal Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max mempunyai peningkatan signifikan pada kamera belakangnya. Tak lagi menggunakan kamera belakang 12MP, dua ponsel tersebut memiliki kamera utama 48MP dengan tipe lensa wide.

Ada dua mode yang disediakan oleh kamera iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, 48MP dan 12MP. Mungkin saja, resolusi tertinggi bisa dihasilkan ketika pengguna memotret pada kondisi cahaya yang bagus, sementara gambar beresolusi 12MP muncul saat pemotretan di malam hari atau low-light.

Kamera utama itu dikombinasikan dengan kamera ultrawide bersensor 12MP serta kamera telephoto dengan kemampuan optical zoom yang lebih baik ketimbang generasi sebelumnya. Sayang, belum ada penjelasan sensor apa yang dipakai untuk kamera tele di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Baca juga: Fitur di iOS 16

Powerful dengan Apple A16 Bionic

Dari rumor yang beredar, iPhone 14 dan 14 Max masih ditenagai prosesor Apple A15 Bionic yang sama dengan iPhone 13 Series. Sementara model Pro dan Pro Max, ditopang oleh chipset yang lebih baru Apple A16 Bionic.

Dilansir dari Tom’s Guide, Apple A16 Bionic dibangun dengan arsitektur 5nm yang sama dengan seri sebelumnya. Walau sama, performanya dijanjikan lebih ngebut sedikit ketimbang A15 Bionic.

Berdasarkan pengujian benchmark yang dilakukan oleh leakster iHacktu menggunakan AnTuTu, skor yang dihasilkannya mencapai 896 ribu poin atau 5% lebih baik dari iPhone 13 Pro Max dengan A15 Bionic.

Chipset terbaru itu nantinya dipasangkan dengan RAM 6 GB, memori internal sampai 1 TB, serta kapasitas baterai yang kurang lebih sama dengan seri sebelumnya. Tom’s Guide menyebut, mungkin daya tahan baterai iPhone 14 Pro bisa mencapai 11 jam lebih untuk pemakaian biasa.

Tanggal peluncuran iPhone 14, 14 Max, 14 Pro & 14 Pro Max

Hal penting yang pastinya ditanyakan oleh para Apple fanboy adalah, kapan iPhone 14 Series akan diluncurkan? Kalau melihat dari kebiasaan Apple selama ini, kemungkinan besar tanggal peluncuran iPhone 14,14 Max, 14 Pro & 14 Pro Max akan terjadi pada September tahun ini.

Baca juga: Harga iPhone 14 Series Bakal Melejit

Bulan September sampai sekarang masih menjadi favorit Apple dalam menggelar acara ‘Special Event’ mereka. Mungkin, iPhone 14 Series akan diperkenalkan antara 6 sampai 13 September mendatang dengan jadwal pre order yang digelar seminggu kemudian.

Laporan lainnya, seluruh seri iPhone terbaru akan dijual dengan harga yang bisa saja lebih mahal. Gara-garanya, karena desain iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max yang berbeda dengan lubang kamera pada tengah atas layarnya.

Selain itu, Apple turut meningkatkan kemampuan kamera selfie pada iPhone terbarunya dengan teknologi besutan LG Innotek. Selain itu, kamera selfie iPhone 14 Series juga memiliki fugnsi baru seperti autofokus.

Dari bocoran yang ada, iPhone 14 dipasarkan dengan harga USD 799 atau sekitar Rp 11,6 jutaan, iPhone 14 Pro dibanderol USD 1.099 atau Rp 15,9 jutaan, dan iPhone 14 Pro Max dijual USD 1.199 atau sekitar Rp 17,4 jutaan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini