icon-category Digilife

Fitur Baru iOS 16, dari Personalisasi Sampai Keamanan Berlapis

Ragam fitur baru di iOS 16

Uzone.id - Sistem operasi iPhone yang baru, iOS 16 menjadi hidangan utama pada gelaran Apple WWDC 2022 yang diadakan secara online (7/6). Craig Federighi selaku Apple Senior VP of Software Engineering butuh waktu 40 menit lebih untuk menjelaskan ragam fitur dan inovasi baru yang dibawa oleh iOS 16.

Dalam presentasinya, Craig menjelaskan bahwa suksesor iOS 15 itu memberikan pembaruan terbesar yang pernah ada pada Lock Screen. Kini pengguna tak cuma bisa mengatur wallpaper saja, tapi juga dapat menyesuaikan tanggal dan waktu, font, warna, hingga ragam widget fungsional.

“iOS 16 adalah rilis besar dengan update yang mengubah cara Anda menggunakan iPhone,” jelas Craig.

“Kami telah membayangkan kembali bagaimana Lock Screen terlihat dan berfungsi dengan fitur baru yang menarik dan menjadikannya lebih personal dan bermanfaat,” sambungnya.

iOS 16 memang terlihat lebih personal ketimbang sebelumnya. Pengguna tak lagi “pasrah” dengan tampilan layar kunci iPhone mereka, karena Lock Screen dapat dikustomisasi dengan cara yang belum pernah disediakan oleh iOS 15.

Layar kunci iPhone memiliki efek multi-layered yang baru. Wallpaper dapat diset secara artistik di depan informasi waktu pada Lock Screen. Menariknya, tampilan waktu pun bisa diubah-ubah dengan tipe yang lebih ekspresif dan pilihan warna yang beragam.

Terinspirasi dari tampilan Apple Watch, Lock Screen iOS 16 menampilkan widget yang memudahkan pengguna mendapat sekilas informasi, seperti kalender, prediksi cuaca, tingkat baterai, alarm, zona waktu, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apple Pamer iOS 16 dan MacOS Ventura

Ada pula fitur Live Activities yang membantu pengguna melihat informasi apapun secara real-time, seperti pertandingan tim olahraga favorit, pemesanan ojek online atau makanan, informasi olahraga yang dilakukan, dan sebagainya.

Lock Screen semakin informatif dan cantik berkat fitur Gallery. Fitur ini menampilkan inspirasi kepada pengguna di layar kunci iPhone, seperti wallpaper tentang kondisi cuaca langsung yang akan berubah-ubah sepanjang hari, wallpaper astronomi yang menunjukan pemandangan tata surya, bahkan bisa menampilkan emoji dan kombinasi warna favorit pengguna.

Selain Lock Screen, iOS 16 juga memiliki ragam fitur baru lainnya untuk memudahkan pengguna saat menjalani aktivitas dengan iPhone mereka. Berikut informasi selengkapnya.

1. Link Focus

Link Focus turut diintegrasikan ke Lock Screen. Dengan ini, pengguna bisa memilih personalisasi ponsel sesuai kebutuhan, langsung dari layar kunci iPhone mereka.

Pengguna dapat memilah aplikasi atau jenis notifikasi apa yang ingin ditampilkan di tiap Focus yang dipilih. Misalnya, aplikasi Calendar dan Mail untuk kegiatan kantor, Safari dan Messages untuk Personal, dan lain sebagainya. Semuanya bertujuan untuk membantu pengguna menemukan keseimbangan kehidupan yang lebih baik.

2. Shared Library

Fitur ini memberikan cara baru untuk berbagi foto melalui iCloud. Konten apapun yang ingin dibagikan bisa dinikmati sampai enam pengguna sekaligus.

Dengan Shared Library di iCloud, pengguna dapat memutuskan untuk berbagi foto yang ada dari galeri pribadi atau membagikan foto yang baru saja diambil melalui toggle baru pada aplikasi kamera.

Menariknya, fitur ini memiliki pengenalan wajah sehingga Shared Library iCloud dapat menyarankan pengguna untuk berbagi foto yang menyertakan anggota lain ke galeri.

Dengan fitur ini, pengguna lain juga diizinkan untuk menambah, menghapus, mengedit, hingga menandai foto favorit yang muncul di galeri. Sekilas, fitur Shared Library di iCloud mirip-mirip dengan Google Photos ya?

Baca juga: Apple M2 Dilengkapi 20 Miliar Transistor

3. Edit dan Hapus Pesan

Sempat salah kirim atau typo saat mengirimkan pesan? Aplikasi Messages punya kemampuan untuk edit maupun menarik kembali pesan yang sudah dikirimkan.

Messages juga punya kebolehan yang memungkinkan pengguna dapat mengembalikan pesan yang terhapus dengan mudahnya. Fitur lain yang disematkan pada aplikasi Messages adalah SharePlay untuk memutar film dan musik bersama-sama sambil chatting-an.

4. Buat Stiker di Galeri

iOS 16 punya fitur menarik buat Anda yang senang mengirimkan stiker. Fitur ini bernama Visual Look Up yang memungkinkan pengguna membuat stiker dengan cara yang praktis.

Caranya, tekan dan tahan objek pada foto dan taruh objek tersebut di aplikasi seperti Messages. Visual Look Up dapat mengenali berbagai macam objek untuk ditempelkan, seperti burung, serangga, anjing, monumen, dan sebagainya.

Baca juga: Harga MacBook Air Terbaru Cuma Rp 17 Juta

5. Safety Check

Keamanan yang lebih mumpuni memang jadi salah satu fokus utama iOS 16. Salah satu fitur yang dibawa oleh iOS 16 adalah Safety Check yang dapat membantu pengguna yang mengalami masalah keamanan pribadi untuk menghapus semua akses yang telah diberikan kepada orang lain.

Apple menjelaskan, Safety Check berguna bagi orang-orang yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga atau pasangan intim. Safety Check dapat mengatur ulang akun iCloud agar keluar dari perangkat lain yang bukan miliknya, mengatur izin privasi, dan membatasi pengiriman pesan.

Safety Check juga berfungsi untuk membantu pengguna memahami dan mengelola orang dan aplikasi apa saja yang akan diberi akses.

iOS 16 masih tersedia dalam bentuk Developer Preview dan bisa dicoba melalui Apple Developer Program. Adapun untuk Public Beta, iOS 16 akan digulirkan pada bulan depan.

Apple telah menetapkan seri iPhone apa saja yang mendukung pembaruan ini. Mulai dari iPhone 8 ke atas, seri tersebut sudah bisa menjajal update iOS 16 secara gratis ketika digulirkan secara resmi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini