icon-category Auto

Bremm Journey Nataru 2022: Sensasi Penggerak Depan dan Transmisi CVT Xenia

  • 25 Dec 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id — Selain tampangnya yang berubah drastis, ternyata setelah kami mencoba Daihatsu Xenia di program Bremm Journey spesial Nataru 2022 ini, banyak hal-hal baru yang kami rasakan pada low MPV-nya Daihatsu ini.

Sebelum kami berkunjung bersama keluarga ke Taman Safari, sengaja kami melakukan riset terlebih dahulu, dan baru mengetahui kalau ternyata secara teknikal pun, Daihatsu banyak melakukan perubahan pada Xenia.

Pertama, mobil ini sudah menggunakan platform terbaru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang memungkinkan berpindahnya sistem penggerak roda dari belakang ke depan alias FWD.

Baca juga: Bremm Journey Nataru 2022: Begini Performa dan Handling Hyundai Stargazer

Dengan platform yang baru itu juga, kini Xenia sudah menggunakan transmisi yang baru, CVT, sehingga kami merasakan akselerasi mobil lebih halus dan tidak ada perpindahan gigi sama sekali.

Namun tarikan mobil ketika melewati tanjakan masih agak lemah, tapi ini bisa jadi karena karakter dari transmisi CVT yang umumnya seperti itu, tidak lebih responsif dari transmisi konvensional.

alt-img

Beberapa kali masih harus memainkan rem tangan untuk memastikan mobil ini benar-benar kuat menanjak.

Baca juga: Bremm Journey Nataru 2022: Xenia Ternyata Bisa Naik Kelas!

Daihatsu sendiri masih membekali Xenia dengan mesin berkapasitas 1.500cc Dual VVTi. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 Hp pada 6.000 RPM dan torsinya 136 Nm pada 4.200 Rpm.

Sementara dari sisi pengemudi, dengan platform DNGA tersebut, handling Daihatsu Xenia jadi cukup bagus dan sebenarnya sudah naik kelas ketimbang karakter driving yang ditawarakan pada model sebelumnya.

Kebetulan di hari kami ke Taman Safari, hujan sedang turun sehingga jalanan agak licin. Tapi, hal ini tidak terlalu mengganggu dan secara umum pengalaman liburan singkat kami ini tetap menyenangkan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini