icon-category Auto

BRIN Pamerkan Kendaraan Listrik Tanpa Sopir, Cuma Rp20 Jutaan!

  • 21 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Pameran Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo 2023) yang digagas Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dijadikan ajang untuk memamerkan karya terbaru mereka, sebuah kendaraan listrik tanpa sopir.

Dinamakan Seater yang merupakan singkatan dari Single-passenger Electric Autonomous Transporter, kendaraan ini dikembangkan BRIN mulai tahun 2023.

Seater didesain sebagai alat transportasi mikro satu penumpang yang bisa beroperasi di lingkungan terbatas dan terkendali.

Seater punya berat kurang dari 50 kilogram, dimensinya 120 x 75 x 110 cm, kecepatan maksimum 1,5 meter per detik, jarak tempuh maksimum 10 kilometer, dan durasi maksimum operasi selama dua jam.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan pihaknya sedang mengembangkan kendaraan otonom yang bisa berjalan sendiri, memiliki kemampuan memahami lingkungan sekitarnya, dan menavigasi "dirinya sendiri" tanpa campur tangan manusia.

“Ini inovasi teknologi kendaraan listrik otonom bisa memudahkan aktivitas manusia. Kami fokus pada kendaraan listrik otonom untuk area tertutup, seperti bandara dan kebun raya," ujarnya, dikutip dari Antara.

Handoko menuturkan pihaknya telah mengembangkan kendaraan otonom level IV yang bisa melakukan semua kegiatan berkendara, sehingga pengemudi dapat mengabaikan perjalanan dan melakukan kegiatan lain. "Sekarang sedang negosiasi dengan mitra. Akhir tahun ini lisensi," paparnya.

Menariknya, kalau nanti bakal dijual, Seater bakal dibanderol dengan kisaran harga Rp20 jutaan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini