icon-category Startup

BUMN Startup Day 2022, Kolaborasi BUMN Kembangkan Ekonomi Digital

  • 24 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Menteri BUMN, Erick Thohir

    Uzone.id - Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia diprediksi akan terus tumbuh hingga Rp4.818 triliun pada 2030. Ini akan jadi peluang market yang perlu dimanfaatkan.

    Dalam peluncuran BUMN Startup Day 2022, Selasa, (23/08), Menteri BUMN Erick Thohir juga menyampaikan bahwa angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai kontributor terbesar bagi ekonomi digital Asia Tenggara.

    Ekonomi digital terbukti menjadi salah satu pilar resiliensi ekonomi nasional di tengah melambatnya laju ekonomi saat pandemi melanda. Di sini, startup mengambil peran penting, mulai dari penyediaan solusi digital, menciptakan peluang kerja, mendorong pencapaian dan daya saing teknologi Indonesia.

    Bahkan saat ini, jumlah perusahaan startup di Indonesia menduduki posisi kelima dengan jumlah 2.346 startup.

    BUMN Startup Day 2022 akan diselenggarakan pada 27-28 September 2022 dengan dua segmen besar, yaitu edukasi dan peluang bisnis. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan.

    Baca juga: Permudah UMKM Lebarkan Sayap, GoTo Bikin Situs 'Mitra Usaha'

    Acara yang diselenggarakan 2 hari ini akan ditujukan bagi startup yang sudah masuk fase early dan growth karena pada fase ini startup membutuhkan dukungan tidak hanya investasi, melainkan kemampuan manajerial untuk menjaga momentum dari fase-fase sebelumnya.

    Menteri BUMN, Erick Thohir menjelaskan bahwa adanya BUMN Startup Day adalah event untuk mendorong bagaimana BUMN bisa berkolaborasi dengan sektor swasta dan yang terpenting mendukung kreator generasi muda Indonesia, pencipta lapangan kerja baru kedepannya sebagai bagian dari ekosistem.

    "BUMN StartUp Day adalah wadah bertemunya dua jagat besar yakni BUMN dan private sector. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memajukan peradaban dan kreativitas bangsa Indonesia, agar semakin maju, makmur, dan mendunia," ujar Erick dalam postingan Instagramnya.

    Segmen edukasi dalam BUMN Startup Day 2022, akan ada diskusi panel dengan pembicara internasional dan mentoring yang akan membuka peluang bagi startup Indonesia untuk berdiskusi secara intens dengan investor dan pelaku startup sukses.

    Indonesia sendiri tengah mengalami bonus demografi generasi muda, Gen Z dan Gen A dimana generasi-generasi ini akan memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perubahan negeri.

    Baca juga: Memburu Startup yang Siap Scale Up di Indigo Challenge 2022

    Sementara itu, di segmen bisnis, ada business matching atau penjajakan kolaborasi B2B, yang akan mempertemukan BUMN dari berbagai sektor dan industri dengan startup untuk peluang kerjasama bisnis, ada juga investor pitching yang memberi peluang startup untuk peluang investasi kepada VC di lingkungan BUMN.

    Untuk mengetahui acara ini secara lebih lanjut, kalian bisa mengunjungi website resmi BUMN Startup Day dan akun-akun media sosialnya.

    Selain itu, sebelumnya BUMN juga telah meluncurkan Merah Putih Fund dimana acara ini hadir untuk bagian mengintervensi supaya para pendiri startup yang merupakan warga Indonesia bisa terus meningkat dalam persaingan globalisasi.

    BUMN berharap para pendiri startup asli anak bangsa ini tetap loyal kepada Merah Putih Fund.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini