icon-category Gadget

Canggihnya Apple Watch Series 8 dan Watch SE, Bisa Deteksi Kecelakaan

Uzone.id - Apple Watch Series 8 menjadi produk pertama yang diperkenalkan pada Apple Event 2022. Apple Watch Series 8 sebenarnya punya desain yang mirip-mirip dengan seri sebelumnya, tapi ditunjang oleh spesifikasi dan fitur yang jauh lebih baik lagi.

Kini, smartwatch tersebut sudah ditopang oleh prosesor Apple S8 yang lebih pintar. Dengan chipset ini, banyak kemampuan baru yang bisa dijalankan oleh Apple Watch Series 8, termasuk Crash Detection.

Sesuai namanya, fitur ini mampu mendeteksi ketika pengguna mengalami kecelakaan. Fitur ini memanfaatkan sensor 3-axis gyro dan accelerometer terbaru yang bisa mendeteksi tekanan sampai 256 G. 

Deteksi kecelakaan yang bisa dikenalnya pun beragam, baik tabrakan depan, samping, belakang, hingga terguling. Saat Crash Detection mendeteksi kecelakaan yang dialami pengguna, Apple Watch Series 8 akan memberitahu pihak terkait dan kontak darurat untuk melakukan pertolongan pertama.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga iPhone 14 Series

“Fitur ini bisa mendeteksi ketika pengguna mengalami kecelakaan, dan dalam beberapa detik akan mengabari 911 dan orang terdekat tentang keadaan pengguna,” jelas COO Apple, Jeff Williams.

Fitur baru lainnya adalah sensor temperatur kulit yang berkaitan langsung dengan prediksi ovulasi dan pelacakan penyimpangan siklus menstruasi bagi pengguna wanita. Terdapat dua sensor suhu yang disematkan pada Apple Watch Series 8, satu di penampang bawah dan satu lagi di bawah layar.

Apple mengaku, sensor canggih tersebut dapat mendeteksi perubahan suhu sekecil 0,1 derajat Celcius. Sensor suhu itu juga dapat memantau aliran darah pada tubuh pengguna sepanjang waktu.

“Kesehatan wanita sangatlah penting,” ucap Deidre Caldbeck, Director Apple Watch Product Marketing.

Kelebihan lain yang ditonjolkan Apple Watch Series 8 adalah daya tahan baterai hingga 18 jam dengan fitur always-on display yang aktif. Sementara ketika fitur low-power diaktifkan dengan mematikan beberapa fungsi, maka baterainya bisa lebih lama aktif hingga 36 jam.

Ada empat varian warna yang tersedia untuk model dengan aluminium daur ulang, yakni Lunar, Astronomy, Metropolitan dan Modular. Terdapat juga tiga varian lainnya yang menggunakan material stainless steel.

Apple Watch Series 8 dijual dengan harga USD 399 untuk model GPS dan USD 499 untuk versi dengan GPS dan koneksi selular. Smartwatch ini sudah bisa dipesan secara pre-order dengan pengiriman pada 16 September mendatang.

Baca juga: Kuartet iPhone 14 Series Melenggang Resmi

Apple Watch SE

Bersamaan dengan Apple Watch Series 8, smartwatch versi murah Apple Watch SE turut dihadirkan. Jam tangan pintar ini masih ditenagai prosesor Apple S8, namun minus sensor temperatur kulit.

Kendati begitu, Apple tetap membawa fitur Crash Detection untuk varian Watch SE generasi terbaru ini. Adapun untuk material yang digunakan, Apple memakai aluminium daur ulang dan bahan plastik untuk Watch SE terbaru.

Apple Watch SE dijual dengan harga USD 249 untuk model GPS dan USD 299 untuk GPS + selular. Pemesanan sudah bisa dilakukan dengan waktu pengiriman pada 16 September mendatang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini