home ×
Digilife

Cara Backup Google Photos yang Tak Lagi Gratis Mulai 1 Juni 2021

31 May 2021 By
Cara Backup Google Photos yang Tak Lagi Gratis Mulai 1 Juni 2021
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Sudah banyak yang tahu jika Google Photos tidak lagi gratis mulai 1 Juni 2021 nanti, tepatnya besok. Ini artinya semua foto atau video yang ada di perangkat Android kamu atau tersimpan di Google Photos akan diihitung hanya sampai 15GB. Video atau foto baru tidak akan tersimpan jika batas maksimal 15GB telah terpenuhi.

Dilansir melalui Cnet.com, Senin, 31 Mei 2021, foto dan video lama yang sudah terlanjur ada di Google Photos akan tetap berada di situ. Namun sepertinya tidak akan dalam waktu lama sehingga ada baiknya jika kamu melakukan back-up atau memindahkan semua foto dan video tersebut.

Baca juga: Setelah 1 Juni, Google Photos Berbayar

Caranya untuk melakukan back-up cukup mudah. Tinggal masuk ke Pengaturan di dalam akun Google kamu, kemudian pilih Back-up & Sync. Atau download semua foto yang ada di Google Photos kemudian masukkan ke dalam hard disk internal.

Mei lalu, Google juga sudah meluncurkan sebuah fitur baru di Photos untuk membantu pengguna mengatur photo dan video yang ingin di back-up agar kuota 15GB storage yang kamu miliki bisa tetap kosong. Google akan memberikan petunjuk foto dan video mana saja yang bisa dihapus, seperti foto yang nge-blur, atau video yang memorinya cukup besar.

Saat aturan tersebut mulai berlaku 1 Juni nanti, sekitar 80 persen pengguna Google Photos yang ada saat ini sejatinya masih bisa menyimpan foto mereka selama tiga tahun ke depan namun dengan batas kapasitas penyimpanan hanya 15GB. Google akan memberikan notifikasi jika kuota storage yang dimiliki telah hampir mencapai 15GB.

Baca juga: Selama Gratis, Google Photos Tampung 4 Triliun Foto

Sejatinya langkah ini merupakan upaya Google untuk memaksa dengan cara halus agar para pengguna mau berlangganan Google On. Aturan ini telah diumumkan sejak November lalu. Google One sendiri akan dibanderol dengan harga yang murah, hanya USD2 atau sekira Rp30 ribuan untuk berlangganan setiap bulannya dan mendapatkan tempat penyimpanan seluas 100GB.

Berdasarkan data Google, November lalu masih ada sekitar 4 triliun foto yang disimpan di Google Photos. Perusahaan digital raksasa dunia itu mendapatkan sekitar 28 miliar foto dan video baru yang di upload di Google Photos setiap pekan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id