home ×
Digilife

Selama Gratis, Google Photos Tampung 4 Triliun Foto Pengguna

12 November 2020 By
Selama Gratis, Google Photos Tampung 4 Triliun Foto Pengguna
Share
Share
Share
Share

(Foto: Sarah Tew/CNET)

Uzone.id -- Layanan penyimpanan dan berbagi foto dari Google, Google Photos selama ini dapat dipakai oleh pengguna sesuka hati tanpa ada batasan memori tertentu. Mungkin kabar ini mengecewakan bagi pengguna yang sudah bergantung dengan Google Photos, sebab layanan gratis unlimited tersebut akan diberhentikan.

Mengutip Cnet, selama layanan Google Photos ini gratis, ada lebih dari 4 triliun foto tersimpan di dalam platform. Sementara itu, sebanyak 28 miliar foto dan video diunggah setiap minggunya oleh para pengguna di seluruh dunia.

Untuk rencana pembatasan memori penyimpanan ini, Google mengatakan di blog resmi perusahaan bahwa Google Photos akan menyetop kebijakan penyimpanan gratis foto dan video tanpa batas per 1 Juni 2021.

Jadi, setelah tanggal tersebut, jika foto dan video baru yang diunggah pengguna akan masuk ke kebijakan penyimpanan gratis baru, yakni 15GB. Untuk data yang sudah lebih dulu tersimpan sebelum 1 Juni 2021 masih tetap tersimpan di kebijakan memori gratis yang lama.

Baca juga: Mulai 2021, Simpan Foto Video di Google Photos Harus Bayar

Langkah Google ini bertujuan untuk mendorong pengguna mendaftarkan diri ke layanan penyimpanan berlangganan, yakni Google One.

Google One sendiri memasang harga mulai USD2 atau setara Rp28 ribu per bulan di Amerika Serikat untuk ruang penyimpanan 100GB dan fitur-fitur lainnya.

Terkait Google Photos yang akan menyediakan ruang penyimpanan gratis 15GB, Google nantinya akan memberikan notifikasi melalui email jika pengguna sudah mendekati batas 15GB tersebut.

Baca juga: Cegah Pembobolan Hacker, Google Rilis Layanan VPN Baru

Seiring pengumuman Google Photos ini, tidak ada salahnya dari sekarang melakukan back up foto dan video Google Photos sebelum tenggat waktu 1 Juni 2021 agar masih mendapatkan layanan gratis tanpa batas tersebut.

Cara mengecek backup ini, tinggal buka aplikasi Google Photos, klik Settings > Back up & sync.

VIDEO: Samsung Galaxy M51 Review, Plus Minus Seminggu Dipakai

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article