home ×
Digilife

Setelah 1 Juni Google Photos Sudah Berbayar, Jangan Lupa Backup

25 May 2021 By
Setelah 1 Juni Google Photos Sudah Berbayar, Jangan Lupa Backup
Share
Share
Share
Share

Foto: dok. 9to5Google

Uzone.id -- Keputusan Google untuk menyetop layanan gratis tanpa batas pada Google Photos telah diumumkan sejak November 2020. Tak terasa, kebijakan ini tak lama lagi akan berlaku.

Bagi yang masih ingat, Google menetapkan bahwa setelah tanggal 1 Juni 2021 Google Photos akan berbayar. Jadi jika pengguna mengunggah foto atau video setelah 1 Juni mendatang, maka aktivitas tersebut sudah masuk ke kebijakan baru, yakni memori gratis hanya mencapai 15GB.

“Media penyimpanan akun Google kalian dipakai bersama layanan Drive, Gmail, dan Photos. Perubahan ini juga memungkinkan kami mengimbangi permintaan besar untuk ruang penyimpanan,” jelas VP Google Photos, Shimrit Ben-Yair, seperti dikutip dari Metro.

Baca juga: Selama Gratis, Google Photos Tampung 4 Triliun Foto

Ia melanjutkan, “seperti biasa, kami berkomitmen untuk tidak menggunakan informasi di Google Photos untuk kepentingan iklan.”

Selama Google Photos hadir, layanan ini seperti ruang penyimpanan file foto dan video oleh pengguna dengan tanpa batasan memori. Jadi, perubahan kebijakan yang tiba-tiba menjadi berbayar disadari Google sebagai transisi besar.

“Jika kalian tipe yang sering merekam video atau mengambil banyak foto, kalian akan menghabiskan memori gratis 15GB dengan sangat cepat. Jadi akan lebih bijak untuk menyimpannya di drive eksternal untuk backup aman. Atau bersiap membayar Google untuk ruang penyimpanan cloud lebih banyak,” kata Ben-Yair.

Baca juga: Google Assistant Bisa Matikan Ponsel Android

Yup, melakukan backup akan menjadi langkah tepat bagi para pengguna. Caranya tinggal buka aplikasi Google Photos, klik Settings > Back up & sync.

Seperti yang sebelumnya diberitakan, langkah Google ini bertujuan untuk mendorong pengguna mendaftarkan diri ke layanan penyimpanan berlangganan, yakni Google One.

Google One sendiri memasang harga mulai USD2 atau setara Rp28 ribu per bulan di Amerika Serikat untuk ruang penyimpanan 100GB dan fitur-fitur lainnya.

Terkait Google Photos yang akan menyediakan ruang penyimpanan gratis 15GB, Google nantinya akan memberikan notifikasi melalui email jika pengguna sudah mendekati batas 15GB tersebut.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id