icon-category Gadget

Cara Ekspansi RAM Sampai 13GB di OPPO Reno6

  • 19 Aug 2021 WIB
Bagikan :

 

Uzone.id - Memiliki desain dan kamera yang keren sepertinya tidak cukup bagi OPPO untuk menarik hati para penggemarnya. Makanya di Reno6, produsen smartphone asal China itu terus berinovasi, termasuk memungkinkan pengguna untuk bisa memperluas memori RAM yang mendukung performa para penggunanya.

RAM atau Random Access Memory merupakan hardware yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Perangkat keras ini sejatinya hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Saat perangkat menjalankan suatu aplikasi program, maka mereka akan menggunakan RAM untuk menempatkan data sementara.

Baca juga: Fitur Andalan OPPO Reno6 untuk Main Game

Kapasitas RAM di dalam suatu perangkat sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data di perangkat tersebut. Sehingga kegiatan yang dilakukan pada perangkat seperti proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program akan semakin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut. Artinya, semakin besar RAM maka semakin mulus performanya.

OPPO Reno6 sendiri memiliki kapasitas RAM LPDDR4X sampai 8GB. OPPO mengklaim RAM LPDDR4X dikembangkan dengan teknologi fabrikasi 19nm sehingga mempunyai efisiensi daya 15 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Ditambah lagi kecepatan transfer data dari RAM jenis ini diklaim mencapai 34,1 Gbps.

Tak puas dengan batasan RAM, OPPO memungkinkan pengguna Reno6 untuk mengekspansi besaran memori dengan fitur bernama RAM Expansion. Fitur ini memungkinkan RAM yang dimiliki menjadi lebih besar lagi. Bahkan di Reno6, ekspansi RAM bisa sampai 13GB.

Bagaimana caranya?

BACA JUGA: Pandemi Bikin Stres, Microsoft Sebut Netizen Makin Tak Sopan

Fitur ini bekerja dengan cara meminjam ruang kosong dari penyimpanan internal handphone untuk dijadikan RAM Virtual. Penyimpanan internal di OPPO Reno6 besarnya bisa 128GB. Dalam pengaturan terdapat pilihan kapasitas RAM mulai dari 2GB, 3GB sampai 5GB.

Cek terlebih dahulu apakah Reno6 yang digunakan sudah menggunakan ColorOS 11.1. Jika sudah, masuk ke Pengaturan lalu pilih Tentang Ponsel. Kemudian pilih RAM. Di situ akan langsung muncul tiga pilihan RAM Expansion yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Oppo Reno 6. Mulai dari 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB, bisa diatur sesuai keinginan dengan menggeser toggle. Setelah memilih besaran yang mau ditambah, restart ponsel kamu. Ketika kamu masuk ke About Phone, pada info RAM terdapat indikator 8.00 GB (+5.00 GB).

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini