home ×
Digilife

Cara Gojek Jaga Ketat Keamanan Data Pengguna

19 February 2021 By
Cara Gojek Jaga Ketat Keamanan Data Pengguna
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Sukses melaksanakan kampanye mengenai keamanan digital di tahun 2020 lalu, Gojek dan Siberkreasi kembali lanjutkan kerjasama mereka untuk melakukan edukasi dan pelatihan bagi ribuan mitra usaha khususnya UMKM di bidang keamanan digital.

Pencapaian Gojek di tahun 2020 mengalami keberhasilan yang sangat membanggakan dengan berbagai edukasi yang menggaet beberapa pihak seperti pemerintah, akademisi, publik figur termasuk dengan Siberkreasi dan menghadirkan berbagai inovasi di bidang teknologi. 

“Kami percaya edukasi merupakan langkah yang sangat efektif meningkatkan kewaspadaan mitra usaha terhadap berbagai modus penipuan oleh oknum. Inisiatif menyeluruh ini tidak hanya edukasi rutin mengenai langkah-langkah dalam memitigasi risiko penipuan, namun juga mendukung dari sisi peningkatan teknologi untuk keamanan mitra usaha," ujar Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung.

Baca juga: Kolaborasi Gojek dan Facebook

Untuk membantu meningkatkan kelancaran dan keamanan mitra usahanya, Gojek dan Siberkreasi berfokus pada dua hal.

Pertama adalah menyediakan aplikasi teknologi bernama GoBiz, yang merupakan super khusus bagi para pengusaha. GoBiz hadir semenjak tahun 2018 untuk mendukung kelancaran pengusaha menjalankan bisnisnya. 

Tahun ini, GoBiz akan meningkatkan keamanan sehingga pengusaha UMKM dapat mencegah perilaku kejahatan online yang kerap mengintai mereka.

“Mayoritas mitra (99 persen) juga setuju aplikasi GoBiz konsisten mengembangkan sistem yang fokus melindungi keamanan digital. Adapun inovasi teknologi Gojek untuk memperkuat sistem keamanan di platform GoBiz termasuk, fitur daftar mandiri, fitur Kelola Pegawai, dan Menu Bantuan yang dapat membantu mitra usaha untuk menghindari modus-modus penipuan.” Jelas Novi.

Kedua, Gojek melakukan pendampingan edukasi untuk meningkatkan kompetensi para mitra usaha, baik itu tips meningkatan penjualan dan tentunya tips untuk semakin melek terkait keamanan digital.

Bersama dengan Siberkreasi Gojek ingin memberikan literasi digital terhadap para pelaku usaha UMKM. Hal ini bukanlah kali pertama bagi kedua pihak untuk berkolaborasi. Tahun 2020, Gojek dan Siberkreasi melakukan kerja sama dengan tujuan mencegah kejahatan siber yang mengancam para pelaku usaha.

Baca juga: Google Dipersulit Cari Duit oleh Apple

Menurut ketua Siberkreasi, Yosi Mokalu, ancaman keamanan digital khususnya modus yang berbasis rekayasa sosial yang menargetkan para pelaku UMKM kembali meningkat. Rekayasa sosial juga terbukti menjadi modus kejahatan digital yang nyata bagi pebisnis UMKM di awal tahun 2021.

Gojek dan Siberkreasi telah meluncurkan jargon JAGA untuk menyadarkan para pengusaha dalam bidang keamanan bisnis. Selain itu, ada pula kampanye #AmanBersamaGojek sebagai komitmen Gojek untuk membantu mitra usaha tetap melaju berbekal dengan kompetensi keamanan digital yang baik.

Jargon JAGA meliputi, (1) J: Jangan transfer uang ke siapa pun; (2) A: Amankan data usaha & data pribadi, seperti kode OTP, nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll; (3) G: Gunakan fitur Kelola Pegawai di aplikasi GoBiz untuk melindungi data usaha Anda; (4) A: Adukan hal mencurigakan lewat Menu Bantuan di halaman Lainnya pada aplikasi GoBiz.

Melanjutkan tren positif ini, Yosi mengungkapkan keoptimisannya terkait kerjasamanya dengan pihak Gojek pada tahun 2021 ini.

“Kami sangat antusias melanjutkan kolaborasi bersama Gojek untuk bersama-sama terus meningkatkan kompetensi keamanan digital di kalangan mitra usaha. Kami optimis dengan menjangkau mitra usaha atau pelaku UMKM, yang kita ketahui merupakan mayoritas pengguna platform digital selama pandemi, akan menjadi langkah yang tepat dalam upaya meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Kerjasama antara Gojek dengan Kementerian Kominfo dan Siberkreasi ini merupakan salah satu bentuk dukungan untuk memajukan SDM dan UMKM dalam rangka Transformasi Digital Indonesia," tutur Yosi

"Selain untuk ikut serta dalam misi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai negara digital dan memberikan keamanan pada pelaku usaha UMKM, Gojek juga berharap ikut serta dalam meningkatkan kompetensi keamanan pengguna teknologi di Indonesia yang kini berada di tingkat basic dan intermediate menjadi tingkat advance,” ujar Novi dalam Konferensi Pers bersama Siberkreasi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article