icon-category Auto

Cara Ngecas Motor Listrik, Mirip dengan Smartphone?

  • 20 Jul 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Kalau smartphone barangkali sudah menjadi piranti yang umum bagi banyak kalangan, sehingga untuk perawatannya, termasuk cara melakukan pengecasan pun sudah banyak yang paham. Tapi bagaimana dengan pengecasan motor listrik?

Nah, produsen motor listrik ALVA memberikan edukasi mengenai cara merawat baterai motor listrik, khususnya kepada para anggota ALVA Riders Community (ARC) kapan waktu yang tepat mengecas ulang baterai, hingga cara menyimpan baterai yang aman.

Dengan edukasi tersebut, ALVA berharap dapat terus meningkatkan kepercayaan diri dan kenyamanan bagi para pemilik motor listrik ALVA sehingga bisa mengaspal dengan mantap maksimum dengan motor listriknya.

“Kenyamanan dan kepercayaan pengguna merupakan prioritas ALVA. Kegiatan Coaching Clinic ini merupakan dukungan kami agar pengguna dapat semakin mengenal motor listrik ALVA Cervo yang baru diluncurkan.” ungkap Putu Yudha, Chief Marketing Officer ALVA dalam keterangan resminya.

Baterai ALVA Cervo sendiri merupakan tipe Lithium NCM, memiliki berat 12,3 kg dan kapasitas 73,8 V 24 Ah (1,8 kWh) dengan durasi pengisian daya yang sudah didukung oleh fitur fast charging, memungkinkan pengguna untuk mengisi daya kedua baterai hanya dalam waktu empat jam.

Adapun beberapa tips pemeliharaan baterai ALVA Cervo yang disampaikan dalam Coaching Clinic kali ini antara lain adalah:

  • Segera mengisi baterai ketika kapasitas sudah mencapai 20%.
  • Apabila motor tidak dipakai dalam waktu yang lama, putuskan aliran listrik dengan cara menyimpan ALVA Cervo di tempat yang aman lalu buka penutup baterai atau keluarkan baterai dari dock-nya.
  • Pastikan juga baterai terhindar dari paparan air dan debu saat penutup dibuka atau saat baterai dikeluarkan dari tempatnya.
  • Saat disimpan, pastikan kapasitas baterai pada kisaran 40% - 60% (tidak di bawah 40%). Suhu tempat penyimpanan baterai dari -20 0C sampai dengan 25 0C, dengan kelembaban < 60% RH.

ALVA juga memberikan informasi penting mengenai cara membuka ban, yaitu mur belakang (Rear wheel center nut) menggunakan alur kiri, sehingga untuk melepasnya diputar searah dengan jarum jam.

Selain itu ALVA juga memberikan tips untuk melembutkan shock ALVA Cervo, yaitu dengan mengendurkan dua baut cover shockbreaker belakang kemudian memutar cover shockbreaker sampai penyetel shockbreaker terlihat. Jangan lupa gunakan tools khusus untuk menyetel shockbreaker.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini