home ×
Digilife

Cek Kasus Corona Lingkup Nasional dan Global di 5 Website Ini

23 March 2020 By
Cek Kasus Corona Lingkup Nasional dan Global di 5 Website Ini
Uzone

Uzone.id - World Health Organization alias WHO telah menetapkan virus corona atau COVID-19 sebagai pandemi karena sudah meliputi daerah geografis yang luas.

Pemerintah Indonesia juga telah menetapkan virus corona sebagai bencana non alam. Presiden Joko Widodo pun sudah mengimbau masyarakat untuk kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah untuk menghambat penyebaran virus corona.

Penyebaran virus corona sebenarnya bisa dilihat melalui beberapa situs. Kalian bisa cek kasus penyebaran Covid-19 lingkup nasional dan global di lima website ini.

Jakarta Tanggap Covid-19 (corona.jakarta.go.id)

Jakarta Tanggap COVID-19 adalah situs milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Halaman teratas dari situs ini langsung menampilkan nomor telepon Jakarta Tanggap COVID-19.

Di website ini, ada data pantauan COVID-19 di Jakarta. Datanya beragam, mulai dari orang dalam pemantauan atau ODP, pasien dalam pengawasan (PDP), dan kasus terkonfirmasi COVID-19 Nasional.

Gulir ke bawah lagi, kalian akan mendapatkan informasi tentang COVID-19, penularan, gejala, cara melindungi diri dari COVID-19, hal-hal yang tidak boleh, dan hal yang harus dilakukan jika kalian mengalami gejala mirip COVID-19.

Mendekati paling bawah, terdapat infografik perkembangan COVID-19 di Jakarta. Infografik ini bisa kalian download untuk dishare di medsos biar konten kalian berfaedah.

Baca juga: Di Rumah Saja, Kalian Bisa Berkunjung ke Museum via Google Arts & Culture

Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Provinsi Jawa Barat (pikobar.jabarprov.go.id)

Ini adalah situs miliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Halaman teratas website ini menampilkan layanan telepon darurat.

Scroll ke bawah, kalian bisa melihat update data Covid-19. Datanya dalam angka, mulai dari ODP, PDP, dan kasus terkonfirmasi COVID-19 secara nasional.

Menariknya, di sini ada peta sebaran yang interaktif. Dari peta, kalian bisa melihat langsung ada di daerah mana saja yang positif corona. Di situ diberi cacatan bahwa titik lokasi tersebut random by system dan tidak menunjuk pada alamat persis masing-masing kasus corona.

Jadi data pribadi seperti alamat ODP PDP atau kasus terkonfirmasi virus corona benar-benar dijaga oleh Pemprov Jawa Barat. Informasi penting yang sangat membantu di situs ini, yaitu daftar rumah sakit rujukan lengkap dengan alamat dan nomor telepon.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (www.kemkes.go.id)

Data situasi Covid-19 ada di kanan agak atas website Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Di situ ada tanggal, data global, jumlah negara yang terjangkit, dan data kasus Covid-19 di Indonesia mulai dari jumlah orang yang diperiksa, positif, sembuh, meninggal, dan negatif Covid-19.

Bar judul Situasi Covid-19 yang ditulis besar dengan background hijau dan gambar virus yang transparan ini sebenarnya bisa diklik, dan mengarah ke situs Media Informasi Resmi Terkini Penyakit Infeksi Emerging dari Kementerian Kesehatan.

Ada banyak dokumen, artikel, dan berita terupdate di situs ini, Ada pula data Situasi Covid-19 dengan latar kuning, mulai dari data global, China, negara di luar China, dan Indonesia semua dalam angka. Meski font-nya akan blur, tapi masih bisa terbaca.

Baca juga: Dihujat Netizen, Atta Halilintar Akhirnya Beri Donasi untuk Lawan Virus Corona

covid19.go.id

Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID-19) meluncurkan situs covid19.go.id. Ini adalah situs resmi terkait penanganan virus corona.

Begitu kalian mendarat di situs ini, langsung tertera Virus Corona COVID-19 Lindungi Diri Lindungi Sesama yang tidak ada hyperlink. Jadi cuma semacam judul.

Scroll ke bawah, ada info tiga hal yang harus kalian tahu, seperti cara mengurangi risiko, cari informasi yang benar, dan apa yang perlu dilakukan bila sakit. Lalu ada materi edikasi dan data situasi virus corona (COVID-19) secara global dan nasional.

Menariknya di situs ini ada Hoax Buster, kalau diklik akan muncul daftar hoaks soal virus corona, salah satunya soal Christiano Ronaldo Ubah Hotelnya Jadi RS Corona itu adalah informasi salah atau hoaks. Kalian bisa cek hoaks lainnya di sini.

Novel Coronavirus (COVID-19) Situation dari WHO (www.who.int)

Untuk melihat data lengkap soal virus corona secara global, kalian bisa ke situs resmi WHO. Begitu mendarat di situs ini, kalian bisa langsung klik bar Coronavirus disease (Covid-19) outbreak dengan background merah mencolok.

Kalian akan melihat banyak sekali data di Coronavirus disease (COVID-19) outbreak. Untuk melihat data persebaran virus corona secara global, kalian bisa langsung scroll ke bawah dan klik Situation dashboard. Kalian akan diarahkan ke laman baru.

Agak lama memang untuk loading-nya, tapi tampilannya keren banget. Karena WHO menampilkan data kasus Covid-19 dengan sangat lengkap dan interaktif. Di tengah, ada peta dunia yang menampilkan penyebaran virus corona.

Di sebelah peta, ada data jumlah kasus Covid-19 yang terkonfirmasi, jumlah kematian, dan negara yang terjangkit virus corona. Di bawahnya, ada grafik pertumbuhan kasus virus corona dari Februari hingga Maret.

Terus di sisi lain peta ada daftar negara-negara dengan kasus Covid-19 terbanyak sampai sedikit di kolom Countries, areas or territories with cases.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Mely Imut 27 March 2020 | 11:53:33

kita butuh vaksin bukan. sekedar beritanya saja

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article