icon-category Gadget

CES 2023: Samsung Pamer Layar Lipat yang Bisa Ditarik, Kayak Gimana?

Uzone.id - Ada banyak produk dan inovasi baru nan mutakhir yang mejeng di CES 2023. Satu di antaranya adalah Flex Hybrid OLED buatan Samsung Display, sebuah layar yang fleksibel banget sampai-sampai bisa dilipat dan bahkan ditarik untuk memperluas ukuran layarnya.

Ada dua konsep teknologi yang dipamerkan Samsung di CES 2023, Flex Slideable Solo dan Slideable Duet. Inovasi ini dapat diterapkan di berbagai jenis gadget, seperti smartphone, tablet, hingga laptop. 

Ukuran layarnya saat dibentangkan mencapai 10,5 inci dengan aspek rasio 4:3. Namun saat layar ditarik di salah satu sisi, ukurannya dapat lebih luas lagi hingga 12,4 inci dengan rasio 16:10. 

Baca juga: Night Vision di Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra Bakal Secanggih Apa?

Samsung juga memperlihatkan konsep teknologi layar fleksibelnya untuk memperluas panel OLED dari 14 inci menjadi 17,3 inci. Layar tersebut dapat ditarik dari satu atau kedua sisinya untuk memperluas ukurannya.

Karena ditujukan buat smartphone juga, layar Flex Hybrid OLED dari Samsung Display pun sudah peka terhadap input sentuhan jari. Samsung berharap, teknologi layarnya dapat memperluas kemungkinan kemampuan baru dari smartphone di masa mendatang, termasuk terkait desain yang lebih inovatif.

Turut rilis TV dengan Neo QLED terbaru

Selain merilis panel OLED fleksibel untuk smartphone, tablet, sampai laptop, Samsung turut meluncurkan rangkaian TV dengan panel Neo QLED 4K dan 8K yang menyuguhkan kualitas gambar yang tinggi, apalagi sudah didukung oleh Neural Quantum Processor dan Quantum Mini LED melalui 14-bit processing dan AI upscaling.

Kualitas visual yang ditampilkan TV Samsung Neo QLED diklaim punya resolusi yang tinggi dan dapat menampilkan konten berkualitas HDR yang lebih cerah dan imersif.

Bukan cuma Neo QLED, Samsung menawarkan jajaran TV Micro LED dan OLED generasi terbaru. Samsung Micro LED 2023 menampilkan model dengan ukuran 50, 63, 76, 89, 101, 114 dan 140 inci untuk memberi konsumen lebih banyak pilihan dalam menikmati kualitas gambar dan pengalaman layar yang tak tertandingi.

Berkat sifat modularnya, Micro LED tidak terikat oleh bentuk, rasio, dan ukuran, sehingga sepenuhnya dapat dikustomisasi mengikuti pengaturan yang diinginkan konsumen. Selain itu, Micro LED hadir tanpa bezel sehingga terlepas dari konfigurasinya, batasan antara layar dan kenyataan menjadi seamless.

Baca juga: Siap-siap Apple! Produk Samsung Bakal Dirancang Mantan Bos Mercedes-Benz

Adapun Samsung OLED 2023, tersedia dalam model 55, 65 dan 77 inci. Samsung OLED 2023 hadir dengan teknologi Quantum Dot yang juga disematkan pada Samsung Neo QLED. 

Juga, Samsung OLED 2023 dilengkapi Neural Quantum Processor untuk mempertahankan inti kelebihan teknologi OLED, sekaligus memperbaiki batasannya dalam hal kecerahan dan representasi warna.

“Perluasan jajaran produk ini hadir dengan refresh rate 144Hz dan semua fitur pintar Samsung, termasuk Samsung Gaming Hub. Dan untuk pertama kalinya di sebuah OLED TV, Samsung OLED hadir dengan sertifikasi AMD FreeSync Premium Pro untuk memberikan pengalaman gaming OLED terbaik,” pungkas Samsung, dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini