icon-category Digilife

Deal! GoTo dan TikTok Sepakat Kerjasama Bawa TikTok Shop ke Indonesia

  • 11 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – GoTo dan TikTok akhirnya sepakat bersatu untuk membawa kembali TikTok Shop ke Indonesia. Kabar ini diumumkan langsung oleh perwakilan GoTo pada hari Senin, (11/12).

Nantinya, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop akan dikombinasikan di bawah Tokopedia dengan pengendalian dari TikTok. 

“Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” ujar perwakilan GoTo dalam keterangan yang diterima Uzone.id, Senin, (11/12).

Di waktu yang sama, TikTok juga mengumumkan akan berinvestasi lebih dari USD1,5 miliar atau Rp23,3 triliun ke GoTo sebagai komitmen jangka panjang mereka dalam mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di  Tokopedia. 

Kesepakatan antara dua raksasa teknologi China dan Indonesia ini diklaim dilakukan untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital serta untuk memperluas pasar UMKM. Transaksi kesepakatan ini diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. 

Tak hanya di platform Tokopedia saja, kerjasama ini juga akan menjangkau pasar lebih luas termasuk layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

Bentuk kerjasama ini akan diawali dengan periode uji coba kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). 

Uji coba kampanye ini dilakukan di bawah pengawasan kementerian terkait dan akan hadir di di aplikasi Tokopedia dan TikTok dan mempromosikan berbagai jenis merchant khususnya produk-produk Indonesia.

“Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka,” kata GoTo.

Sebelumnya, induk TikTok, ByteDance dikabarkan telah membahas soal kesepakatan kerjasama dengan GoTo semenjak November lalu. Investasi TikTok ke Tokopedia ini dilakukan demi membawa kembali TikTok Shop ke Indonesia. Investasi ke e-commerce ini menjadi yang pertama bagi TikTok Shop setelah berkembang pesat di Indonesia dan negara-negara lain seperti AS dan Eropa. 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini