home ×
Gadget

Deretan Fitur Baru di Android 11

09 September 2020 By
Deretan Fitur Baru di Android 11
Share
Share
Share
Share

 (Ilustrasi/dok. The Verge)

Uzone.id -- Google merilis sistem operasi Android 11 pada hari ini, Rabu (9/9) atau 8 September 2020 pada waktu Amerika Serikat. Namanya juga OS baru, tentunya hal menarik yang bikin penasaran adalah pembaruan fitur yang dihadirkan. Jadi, ada apa saja?

Android 11 selama ini dianggap mengejar ketertinggalannya dari iOS milik Apple soal keamanan. Namun, di samping aspek keamanan, tentunya ada ragam fitur yang dapat dirasakan secara langsung, mulai dari dukungan notifikasi, kontrol media, bagian menu, hingga pilihan screenshot.

Yuk, kita bahas satu per satu.

1. Conversations (percakapan)
Google memberikan notifikasi yang berkaitan dengan percakapan dengan tampilan baru. Sekarang, notifikasi memisahkan pesan dari aplikasi chatting pengguna ke bagiannya sendiri yang berada di atas.

Selain itu, pengguna juga bisa menandakan obrolan tertentu sebagai “priority” alias prioritas agar avatar atau foto si pengirim pesan dapat muncul di layar ponsel yang sedang terkunci, serta tetap muncul juga walaupun kita mengaktifkan pengaturan ‘Do Not Disturb’.

Baca juga: Fitur di Android 11 Utamakan Privasi dan Keamanan Pengguna

2. Notifikasi
Notifikasi di Android 11 secara umum menyuguhkan pengaturan yang jauh lebih praktis, seperti ‘Alerting notifications’ dan ‘Silent notifications’ agar pengguna bisa memiliki kendali lebih banyak untuk menentukan hal apa saja yang penting untuk muncul, dan mana yang sebaiknya tidak mengganggu perhatian.

3. Do Not Disturb
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan aplikasi apa saja yang bisa mengeluarkan notifikasi atau pemberitahuan macam-macam ketika kita mengaktifkan ‘Do Not Disturb’.

4. Media controls
Fitur ini telah dipindahkan ke Quick Setting, sehingga pengguna bisa langsung memilih suara atau musik dengan mudah.

Baca juga: Masih Perlu Gak Sih, Tebak-tebakan Nama Android 11 Pakai Nama Dessert?

5. Screenshot
Fitur ini sekarang muncul di bagian ujung kiri bawah, seperti perangkat iPhone.

6. Power menu
Fitur ini menyediakan dompet digital dengan kendali yang bisa menyalakan atau mematikan ponsel, kartu Google Pay, dan kendali smart home.

7. Izin aplikasi lebih ketat
Android 11 dianggap mengikuti jejak iOS, yakni lebih ketat lagi soal berbagi lokasi, mikrofon, dan akses kamera ketika pengguna sedang membuka beberapa aplikasi. Bahkan jika pengguna mengizinkan aplikasi mengakses lokasi di background, kita tetap diarahkan untuk mengecek informasi si aplikasi di dalam Settings.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article