icon-category Gadget

Deretan Masalah yang Menghantui Pengguna iPhone 14 Pro dan Pro Max

  • 29 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Mungkin banyak anggapan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus tidak layak dibeli. Ini karena, kedua iPhone terbaru itu hanya sedikit atau tanpa peningkatan sama sekali dari generasi sebelumnya.

    Namun berbeda dengan dua saudaranya, iPhone 14 Pro dan Pro Max yang dipuji lantaran mendapatkan peningkatan yang signifikan. 

    Tampilan punch-hole Dynamic Island dan kamera utama 48MP merupakan beberapa peningkatan dari seri Pro, meski sejumlah masalah tetap menghantui setelah beberapa waktu digunakan. 

    Baca juga: Xiaomi Civi 2 Segera Meluncur, Layarnya Mirip iPhone 14 Pro

    Sebagian besar masalah ini berhubungan dengan iOS 16 dan sejumlah software lainnya. Ada juga masalah dengan iPhone 14 Pro warna ungu yang terkelupas dan tampaknya merupakan cacat produksi.

    Berikut sejumlah masalah yang ditemukan pengguna pada iPhone 14 Pro dan Pro Max:

    Restart otomatis saat ngecas

    Beberapa pengguna iPhone 14 Pro mengeluh iOS 16 membuat baterai perangkat gampang terkuras. Namun, ini tampaknya hanya menjadi masalah termudah pada ponsel ini sejauh ini. 

    Belakangan ini, beberapa pengguna melaporkan bahwa perangkat iPhone mereka bisa tiba-tiba restart sendiri saat mengisi daya melalui MagSafe atau port lightning. Di forum Reddit, beberapa pengguna mengeluh masalah ini telah ada selama 8 hari.

    Pengguna lain mengklaim bahwa iPhone 14 Pro Max yang menjalankan iOS 16.0.1 juga sering restart setiap 10-20 menit saat mengisi daya. Ada juga laporan bahwa masalah tetap ada bahkan di iOS 16.0.2 atau iOS 16.1 Beta. 

    “Ini hanya terjadi ketika baterai terisi 90-95 persen (terutama 93 persen) dan ponsel dalam keadaan idle. Sejauh ini, satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang,” menurut salah satu pengguna, dikutip Uzone.id dari Gizchina.

    Baca juga: iPhone 14 Belum Rilis di Indonesia, Versi HDC Sudah Dijual Bebas

    Bug di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max versi China

    Foto: Techradar

    Ada bug atau masalah pada iPhone 14 Pro dan Pro Max yang beredar di China, khususnya yang terkait dengan SIM card, dimana hanya satu slot SIM saja yang bisa digunakan.

    Untuk diketahui, iPhone 14 Series pada dasarnya sudah tidak menggunakan slot SIM fisik, alias eSIM saja. Tapi karena penyebaran teknologi ini belum merata, maka beberapa negara di luar Amerika Serikat (AS) tetap diberikan opsi kartu SIM fisik.

    Seperti iPhone 14 series di China yang mendukung kartu SIM ganda, namun sepertinya ada ‘kesalahan’ produksi, karena sebagian besar pengguna China menerima iPhone 14 series hanya dengan sodoran satu slot kartu SIM saja.

    Ada laporan bahwa Apple China telah menunda pengiriman perangkat di China karena masalah ini.

    Menurut tanggapan dari netizen, salah satu sisi slot dual SIM dari beberapa seri iPhone 14 Pro dirancang agar kartu SIM tidak dapat dimasukkan. Dengan cara ini, hanya satu kartu SIM yang dapat digunakan. 

    Baca juga: Cara Pasang Dynamic Island iPhone 14 Pro di Android

    Fitur Dynamic Island iPhone 14 Pro gak bisa ditutup

    Inovasi utama dari seri iPhone 14 Pro adalah Dynamic Island. Fitur baru ini mengemas punch-hole menjadi sesuatu yang berguna. 

    Fitur Dynamic Island memberi pengguna cara baru untuk berinteraksi dengan iPhone. Bisa menampilkan pengingat, notofikasi, dan acara penting secara real-time, semuanya bisa dilakukan di lubang kamera ini.

    Fitur ini bahkan dapat menampilkan skor langsung pertandingan olahraga. Sederhananya, Dynamic Island menjadi pusat informasi seri iPhone 14 Pro baru.

    Namun, ada pengguna yang merasa bahwa konten yang ditampilkan di Dynamic Island dapat mengganggu, terutama saat mencoba fokus pada konten lain di layar iPhone. 

    Sayangnya, saat ini tidak ada cara untuk menonaktifkan Dynamic Island secara langsung. Namun, jika konten tampilan dan animasinya mengganggu, kalian bisa melenyapkannya dengan menggeser ke kiri atau kanan tanpa memengaruhi aktivitas latar belakang aplikasi terkait.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini