icon-category Digilife

Deretan Platform Donasi Online untuk Galang Dana Tragedi Kanjuruhan

  • 05 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Sergey Zolkin/Unsplash

    Uzone.id – Tragedi maut yang terjadi di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (2/10) lalu menuai rasa simpati masyarakat Indonesia. Mulai Minggu (2/10) ramai dibuka penggalangan dana untuk membantu para korban terdampak tragedi Kanjuruhan.

    Menggandeng platform online sebagai wadah kontribusi, aksi solidaritas ini digagas oleh berbagai komunitas dan kelompok tertentu di Indonesia.

    Beberapa di antaranya yaitu: Komunitas Gusdurian Peduli, Fans Grup Idol BTS ‘Army’, Komunitas Anak Bangsa, Yayasan Gerakan Mengajak Sedekah, Sahabat Yatim Yogyakarta, Klub Bola Persija, dan masih banyak lagi.

    Senada dengan basis platformnya, aksi donasi ini dilakukan secara online melalui aplikasi atau website tertentu.

    Baca juga: Viral Kronologi dari Aremania, Begini Suasana Rusuh di Kanjuruhan

    Mengingat penggunaan platform donasi online ini jangkauan donaturnya bisa lebih masif ke seluruh daerah Indonesia, tak terkecuali masyarakat yang tinggal luar negeri.

    Buat Uzoners yang mungkin mau ikut membuka penggalangan dana membantu para korban tragedi Kanjuruhan, kamu bisa memilih salah satu di antara platform donasi online di bawah ini, ya.

    KitaBisa.com
    Platform donasi online yang paling sering digunakan adalah KitaBisa.com. Berdiri sejak 2013 silam, KitaBisa.com telah banyak menjadi jembatan donasi online bagi korban, masyarakat atau yayasan yang membutuhkan.

    Beragam kategori donasi bisa dilakukan di platform online ini, mulai dari korban bencana alam, terdampak penyakit, hingga donasi air bersih bagi masyarakat pelosok.

    Dalam tragedi Kanjuruhan ini, KitaBisa.com dipilih beberapa komunitas sebagai wadah pengumpulan donasinya. Fans idol K-Pop BTS, yang dijuluki Army turut memberikan dukungan dengan membuka donasi bertajuk ‘Army Indonesia untuk Korban Kanjuruhan’. 

    Aksi solidaritas lain datang dari Komunitas Anak Bangsa dengan total Rp14,7 juta dari 878 donasi. Sementara dari platform KitaBisa sendiri juga membuka donasi yang tercatat sudah terkumpul Rp6 juta dari 118 donasi.

    Disusul donasi online lain dari komunitas GusDurian, Yayasan Gerakan Mengajak Sedekah, Sahabat Yatim Yogyakarta, dll.

    Cara donasi di Kitabisa pun cukup praktis, berikut langkahnya:

    1. Buka aplikasi Kitabisa
    2. Pilih halaman penggalangan dana yang diminati, misal Tragedi Kanjuruhan
    3. Klik opsi “DONASI SEKARANG’
    4. Ikuti petunjuk yang tertera seperti mengisi nominal, pilih metode pembayaran, identitas diri
    5. Di akhir donasi online, akan muncul rangkuman pembayaran yang berisi nomor rekening tujuan transfer dan kode unik yang harus dicantumkan pada nominal transfer
    6. Begitu donasi terkirim, kalian akan menerima notifikasi baik via SMS atau email terkait.

    BenihBaik.com
    Platform donasi online kedua yaitu BenihBaik.com. Di bawah naungan Yayasan Benih Baik Indonesia (YBBI), platform ini dibuat sebagai bentuk kepedulian terhadap isu sosial, kemanusiaan, kebudayaan, keagamaan, dan kesejahteraan sosial lainnya.

    Menanggapi tragedi Kanjuruhan ini, BenihBaik turut menggalang dana untuk para korban dengan durasi 91 hari ke depan. Sejauh pantauan Uzone.id, saat ini dana yang terkumpul di BenihBaik sudah mencapai Rp4,6 juta dari target Rp200 juta.

    SedekahOnline.com
    SedekahOnline.com menjadi platform donasi online lain yang bisa digunakan untuk menggalang dana untuk masyarakat atau kasus tertentu. Pada dasarnya platform ini digunakan untuk melakukan sedekah, zakat, atau wakaf secara online. Namun, dalam beberapa kasus tertentu platform ini juga bisa digunakan untuk aksi kepedulian sosial seperti Tragedi Kanjuruhan ini.

    Baca juga: Pasca Tragedi Kanjuruhan: Muncul Petisi hingga Ucapan Duka Klub Bola Eropa

    Sejauh pengamatan Uzone.id, belum ada kelompok atau komunitas tertentu yang membuka donasi untuk korban tragedi Kanjuruhan. Nah, pas banget kalau Uzoners ada yang mau bikin, bisa banget, lho!

    Platform donasi online lainnya juga bisa ditemukan di WeCare.id, Rumah Zakat, IndoRelawan, Causes.com, dan masih banyak lagi. Beberapa platform memiliki basisnya masing-masing seperti kesehatan, relawan, dan lain-lain.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini