icon-category Gadget

Deretan Smartphone Android yang Tiru Dynamic Island iPhone 14 Pro

Deretan Smartphone Android yang Tiru Dynamic Island iPhone 14 Pro
Ilustrasi iPhone 14 Pro (Foto: James Yarema/Unsplash)

Uzone.id - Dynamic Island merupakan salah satu fitur unggulan di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max yang mungkin gak kepikiran sama sekali oleh vendor smartphone Android. Makanya, saat desain punch hole tersebut diimplementasi Apple, muncul deh aplikasi yang memungkinkan smartphone Android punya Dynamic Island yang serupa.

Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max berhasil mengubah punch hole atau lubang kamera yang sebelumnya mengganggu tampilan layar, memiliki fungsi lebih. 

Fitur ini membuat pengguna dapat melihat info panggilan telepon, mengontrol musik,melihat notifikasi, pairing ke aksesori yang mendukung seperti AirPods, sampai melihat panduan navigasi yang sudah diatur sebelumnya.

Saking menariknya Dynamic Island, gak butuh waktu lama buat produsen smartphone Android untuk menghadirkan fitur serupa di ponsel besutan mereka. Nah, berikut ini beberapa ponsel Android terbaru maupun yang akan datang dengan fitur Dynamic Island khas iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Baca juga: Akankah Ponsel Android Tiru Dynamic Island iPhone 14 Pro?

Xiaomi Civi 2

Xiaomi Civi 2 adalah smartphone yang cuma eksklusif dijual di China. Smartphone ini hanya meluncur beberapa hari setelah Apple memperkenalkan iPhone 14 Series.

Ponsel ini menargetkan pengguna yang suka selfie, juga pengguna yang senang menggunakan ponsel dengan tampilan premium tapi dibanderol di harga yang ramah di kantong.

Salah satu bagian paling menarik di Xiaomi Civi 2 adalah kamera selfie ganda 32 MP yang diletakkan pada lubang kamera atau punch hole berbentuk pil di bagian tengah atas layarnya yang berukuran 6,55 inci dengan lengkungan di tepiannya.

Desain kamera tersebut mirip seperti Dynamic Island dari iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Cuma bedanya, Xiaomi menyertakan sepasang lampu LED untuk membantu pencahayaan saat pengguna mengambil swafoto di kondisi low-light.

Perihal spesifikasinya, Xiaomi Civi 2 menjadi salah satu ponsel pertama yang ditenagai prosesor Snapdragon 7 Gen 1. Dipasangkan dengan tiga konfigurasi RAM dan memori, yakni 8/128 GB, 8/256 GB, dan 12/256 GB.

Xiaomi Civi 2 ditopang baterai 4.500 mAh yang dapat diisi dayanya menggunakan teknologi fast charging 67W. 

Di bagian kamera belakang, smartphone ini punya tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX766, kamera ultrawide 20 MP, dan kamera makro 2 MP.

Adapun buat harga Xiaomi Civi 2, tentu saja lebih murah dari iPhone 14 Pro. Di China, smartphone ini dibanderol CNY2.399 atau setara Rp5,3 jutaan.

Baca juga: Harga iPhone 14 Turun, Saatnya Ganti iPhone Baru?

LeEco S1 Pro

Lagi-lagi dari brand asal China, LeEco. Produsen tersebut meluncurkan smartphone harga Rp2 jutaan bernama LeEco S1 Pro yang dibuat mirip seperti iPhone 14 Pro, bahkan punya Dynamic Island juga.

Desain khas iPhone benar-benar diusung oleh smartphone murah asal China ini, dari depan sampai ke belakang.

Dynamic Island yang menghiasi layarnya yang berjenis IPS LCD berukuran 6,5 inci beresolusi HD+, memiliki fungsi yang agak mirip dengan iPhone 14 Pro, seperti menampilkan notifikasi, sisa baterai, pemutar musik, dan sebagainya. Areanya pun bisa diperluas tergantung fungsi yang diaktifkan.

Meski lubang kameranya berbentuk pil, tapi cuma disematkan satu kamera 5 MP saja di dalamnya. Di belakang, LeEco juga menerapkan desian ‘kamera boba’ khas iPhone 14 Pro. 

Baca juga: 10 Smartphone Murah untuk Main Game, Mulai Rp2 Jutaan Doang

Meski lingkaran kameranya ada tiga, sebenarnya hanya ada satu kamera utama saja yang berfungsi, dan itupun beresolusi 13 MP saja.

Tapi soal spesifikasi, jauh banget di bawah iPhone 14 Pro. LeEco S1 Pro ditenagai prosesor kelas entry Zhanrui T7510 yang dibuat dengan arsitektur 12nm. Kemudian dipadukan dengan RAM 8 GB, memori penyimpanan 128 GB, dan baterai 5.000 mAh tanpa dukungan fast charging.

LeEco S1 Pro dijual di China dengan harga 899 yuan atau setara Rp2,1 jutaan. Pilihan warnanya pun serupa dengan iPhone, yakni Sierra Blue dan Grey. 

Xiaomi 13 Lite

Xiaomi 13 Lite yang akan diluncurkan juga bakal mengusung desain Dynamic Island khas iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Dari rumor yang beredar, Xiaomi 13 Lite adalah versi global dari Xiaomi Civi 2 yang hanya dipasarkan di China.

Sejauh ini, berdasarkan bocoran yang ada, spesifikasi dari ponsel ini serupa dengan Civi 2. Seperti layar 6,55 inci dengan tepian yang melengkung dan mendukung refresh rate 120Hz.

Tepat di tengah atas layarnya, ada lubang kamera berbentuk pil yang menyimpan sepasang kamera selfie 32 MP. Di belakang pun, ponsel ini punya tiga kamera yang sama persis dengan Xiaomi Civi 2.

Begitu juga dengan dapur pacunya, sama-sama menggunakan Snapdragon 7 Gen 1. Ditopang juga dengan baterai 4.500 mAh yang didukung fast charging 67W.

Diperkirakan, Xiaomi 13 Lite akan meluncur resmi pada 26 Februari mendatang secara global.

Huawei Nova 11

Huawei turut meluncurkan smartphone yang terinspirasi dari iPhone 14 Pro Series. Bukan seri flagship, melainkan model menengah Huawei Nova 11. 

Ponsel ini belum diluncurkan, dan jadwal rilisnya pun masih simpang siur. Namun yang jelas, Huawei Nova 11 akan melakukan debutnya pada tahun ini.

Dari bocoran yang muncul, Huawei Nova 11 punya layar bezel-less dengan punch hole ala Dynamic Island. Di dalamnya, disematkan sepasang kamera selfie dengan lensa wide dan depth untuk membantu pengguna memotret foto selfie dengan efek bokeh.

Kabarnya sih, Huawei Nova 11 akan ditenagai prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. Namun belum ada konfirmasi sama sekali dari Huawei. Well kita tunggu saja.

Cara Pasang Dynamic Island iPhone 14 Pro di Android

Itu dia deretan smartphone Android yang punya desain Dynamic Island ala iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Kalaupun beberapa ponsel tersebut tak tersedia di Indonesia, kalian tetap bisa mengubah punch hole ponsel Android menjadi mirip Dynamic Island menggunakan aplikasi khusus.

Baca juga: Cara Pasang Dynamic Island iPhone 14 Pro di Android

Nama aplikasinya juga mirip, yakni Dynamic Island buatan developer bernama Grice. Untuk mengaktifkannya, kalian hanya perlu mengizinkan aplikasi untuk terus tampil di atas aplikasi lainnya, termasuk layar utama.

Kemudian izinkan juga Dynamic Island untuk mengakses notifikasi. Mirip seperti iPhone 14 Pro, ada banyak fungsi yang dapat diaktifkan, namun pengguna perlu merogoh kocek mulai dari Rp28 ribu sampai Rp1,4 jutaan terlebih dahulu.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini