icon-category Digilife

Detik-detik Jatuhnya Pesawat Nepal Terekam Live Facebook, Asli atau Hoaks?

  • 16 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Dan Meyers/Unsplash

Uzone.id – Kabar duka terjadi di awal 2023 ini dimana kecelakaan jatuhnya pesawat terjadi di Nepal pada hari Senin, (16/01) waktu setempat. Kabar duka ini menjadi perhatian dunia khususnya di media sosial.

Media sosial Twitter ramai dengan potongan video yang kabarnya direkam oleh penumpang yang sedang melakukan streaming live di Facebook. 

Potongan video ini merekam detik-detik pesawat Yeti Airlines jatuh ketika hendak mendarat di bandara Pokhara. Video ini diunggah oleh akun @dhyanendraj dengan durasi 1:26 menit.

Hingga saat ini, rekaman tersebut terus menyebar di Twitter dengan jumlah penonton yang semakin meningkat. Dari pantauan Uzone.id, ketika berita ini diturunkan jumlah view dari video ini mencapai 2,7 juta.

Baca juga: Masih Ngebet Saingi TikTok, Twitter Bikin Kolom Rekomendasi Video

Selain itu, perdebatan juga muncul di media sosial mempertanyakan apakah video tersebut valid atau tidak. Tak sedikit yang mengatakan kalau video ini bukan dari kejadian kecelakaan Nepal.

Beberapa warganet pun memberikan informasi terkait berbagai pertanyaan yang dilontarkan pengguna lain.

Video ini dianggap nyata. Nama orang di video terkonfirmasi termasuk passenger onboard, dan pas nyorot kameranya ke luar jendela benar itu lokasi jatuhnya pesawat (Pokhara),” tulis pengguna @ustadchen.

Menurut laporan Times of India, diketahui penumpang yang melakukan live di Facebook tersebut adalah Sonu Jaiswal yang berasal dari India, ia merupakan satu dari 68 korban yang terkonfirmasi meninggal.

Baca juga: Siaran TV Bakal Meluncur di YouTube, Gratis atau Bayar?

Selanjutnya, ada video yang merekam pesawat dari daratan, dan mantan anggota parlemen Nepal Abhishek Pratap Shah mengatakan kalau video tersebut benar.

Video ini dikirim oleh salah satu kolega yang menerimanya dari personil polisi. Video ini rekaman nyata, dan merupakan rekaman penerbangan yang akan mendarat,” ungkapnya dalam wawancara eksklusif dilansir dari NDTV.

Namun, terlepas dari itu, warganet turut mengungkapkan duka cita atas jatuhnya pesawat yang membawa sekitar 72 orang tersebut termasuk 4 kru. Hingga saat ini, korban yang terkonfirmasi adalah 68 penumpang, beberapa penumpang dilaporkan masih menghilang.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini