icon-category Digilife

Siaran TV Bakal Meluncur di YouTube, Gratis atau Bayar?

  • 16 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Leon Bublitz/Unsplash

Uzone.id – YouTube mencoba untuk terus eksis di tengah gempuran platform video pendek dan layanan streaming. Kali ini, platform video ini berencana menghadirkan layanan siaran TV secara gratis. 

Dilansir dari The Verge, Senin, (16/01), YouTube saat ini sedang menguji fitur baru di mana platform ini bisa menayangkan saluran TV gratis yang didukung dengan iklan di dalamnya.

Baca juga: 5 Search Engine Terpopuler di Indonesia, Ada Yandex?

YouTube sebenarnya sudah memiliki platform bernama YouTube TV yang hadir dengan konsep serupa, namun layanan ini hadir secara berbayar. 

Fitur yang baru ini akan hadir tanpa biaya walaupun memiliki iklan di dalamnya. YouTube nantinya akan meluncurkan 'hub' khusus agar pengguna bisa memilih saluran TV yang ingin mereka tonton.

Baca juga: Minggir, TikTok Tak Lagi Pegang Tahta Penguasa Internet

Seorang juru bicara YouTube membenarkan kabar ini, ia mengatakan, “Fitur tersebut dapat diluncurkan lebih luas tahun ini.”

Saat ini, YouTube kabarnya sedang dalam perbincangan dengan Lionsgate dan A&E, yaitu pemilik dari saluran TV History, FYI dan juga Lifetime.

Model streaming saluran TV ini disebut juga dengan FAST atau Free-Ad Supported Streaming Television dan ada beberapa perusahaan yang menjalankan model yang sama, seperti Roku, Fox’s Tubi, dan Pluto TV.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini