icon-category Gadget

Dibakar Sampai Dibengkokkan, iPhone 14 Tetap Nyala!

Uzone.id - Apple berhasil bikin iPhone 14 jadi salah satu smartphone tahan banting di tahun ini, setidaknya berdasarkan pengujian YouTuber Zach King. Untuk diketahui, Zach merupakan pemilik kanal YouTube JerryRigEverything.

Ia melakukan berbagai pengujian ekstrem terhadap iPhone 14, mulai dari goresan di sekujur bodi, tes membakar layar, sampai uji lengkungan.

iPhone 14 standar memang tak membawa ubahan desain yang signifikan. Desainnya kurang lebih masih sama seperti iPhone X yang melakukan debutnya 5 tahun yang lalu.

Kendati begitu, Apple memberikan beberapa upgrade untuk meningkatkan build quality ponsel agar lebih baik lagi. Beberapa di antaranya seperti penggunaan material yang lebih kuat dan perangkat keras yang mudah diperbaiki.

Baca juga: 2 Fitur Baru di iPhone 14 Ternyata Nyontek Xiaomi

iPhone 14 memiliki penampang belakang yang lebih mudah dilepaskan. Alhamdulillah, biaya perbaikan jauh lebih murah ketimbang generasi sebelumnya.

Lolos tes ketahanan ekstrem 

Pengujian yang dilakukan Zach pastinya bikin fanboy malah gregetan. Hal-hal ekstrem dilakukan pada iPhone 14 terbaru yang harganya belasan juta rupiah ini.

Tes goresan menjadi eksperimen pertama yang dilakukan kanal YouTube tersebut. Apple mengatakan bahwa layar iPhone 14 berjenis ceramic glass yang tahan goresan, ditambah dengan permukaan oleophobic coating.

Dari pengukuran, layar iPhone 14 pun bisa tahan goresan hingga tingkat 6 Mohs atau setara dengan goresan benda tajam ke kaca yang tebal. Saat digores pada tingkat 7, goresan yang dalam melukai layar berukuran 6,1 inci berjenis Super Retina Display tersebut.

Warna Midnight Black yang melapisi bodi iPhone 14 sangat mudah digores benda tajam. Namun dengan material Aerospace Aluminium, goresan terlihat tak terlalu menusuk ke dalam.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro dan 14 Pro Max

Sementara untuk kamera, Apple melapisinya dengan kaca safir yang kuat. Terbukti dengan kemampuannya bertahan dari goresan di tingkat 6 Mohs.

Zach turut membakar layar iPhone 14 untuk mengetahui apakah piksel layar yang terkenal suhu panas dapat pulih kembali atau tidak. Nyatanya, piksel warna tak kembali seperti semula, sehingga menyisakan 'area yang bolong' di kiri atas layar.

Pengujian terakhir adalah tes lengkungan. Dibengkokkan sekuat tenaga, iPhone 14 sama sekali tidak bergeming. Material aluminium tangguh berhasil menahan tekanan yang besar, sehingga iPhone 14 oun terlihat aman-aman saja.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini