icon-category Gadget

Dikenal Anti Gaptek, Ini Deretan Teknologi yang Dipakai Ratu Elizabeth II

  • 11 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Sumber foto: Dominic Lipinski/WPA Pool/Getty Images

    Uzone.id - Kehidupan mendiang Ratu Elizabeth II tentu tak luput dari tradisi kerajaan. Kendati demikian, hal tersebut tidak membuat Ratu Elizabeth II ketinggalan zaman.

    Dalam hal teknologi, Sang Ratu merupakan sosok yang sangat antusias. Beberapa tonggak perjalanan teknologi Ratu Elizabeth II mulai dari segi komunikasi, perangkat, bahkan sampai transportasi.

    Jejak awal Ratu Elizabeth II menyelami dunia teknologi bermula bahkan sebelum ia menjabat. Sebelum naik takhta, ia menggunakan alamat radio untuk menghibur anak-anak di seluruh dunia selama masa perang.

    Ia pernah berpidato melalui radio selama Perang Dunia II. Bersama dengan saudara perempuannya Margaret, dalam isi pidatonya mereka menyebarkan pesan harapan untuk anak-anak di seluruh dunia.

    Baca juga: Bentley State Limousine Milik Ratu Elizabeth II, Cuma Ada Dua di Dunia

    Pada tahun 1953, pertama kali televisi diizinkan dalam Westminster Abbey untuk penobatannya. Tidak hanya difilmkan dalam warna, tetapi juga direkam menggunakan teknologi 3D eksperimental.

    Di tahun 1958, Ratu Elizabeth II sudah melakukan telepon interlokal pertamanya ke Lord Provost of Edinburgh dengan jarak 300 mil dari lokasinya di Bristol. Panggilan ini berlangsung selama dua menit.

    Tepat saat ia memasuki usia setengah abad pada tahun 1976, Ratu Elizabeth II bahkan sudah mengirim email pertamanya ketika mengunjungi Royal Signal dan Radar Establishment di Malvern, Inggris.

    Dikutip dari Metro, Ratu Elizabeth II merupakan anggota kerajaan pertama yang mengirim email menggunakan jaringan komputer ARPANET saat itu. Setahun setelahnya, ia juga ikut merancang website kerajaan dan mulai beralih perlahan ke dunia digital.

    Masuk ke abad 20, Ratu Elizabeth II mulai beradaptasi dengan kecanggihan teknologi yang ada. Di tahun 2005, Sang Ratu sempat mengatakan kepada pendiri sekaligus bos Microsoft kala itu, Bill Gates, bahwa ia sama sekali belum pernah menggunakan komputer.

    Namun, Ratu tetap memastikan bahwa seluruh anggota keluarga kerajaan bisa menggunakan internet dan beradaptasi dengan kemajuan besar lainnya.

    Baca juga: Duka Netizen Dunia Iringi Wafatnya Ratu Elizabeth II

    Dua tahun setelahnya, Ratu Elizabeth II sudah bisa menghubungi dan berbicara dengan astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melalui tautan video di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Maryland, AS.

    Diikuti perkembangan lainnya, Ratu Elizabeth II mulai memposting video ke Youtube pada 2008, mengunggah tweet pertamanya pada 2014, dan membagikan foto di Instagram untuk pertama kalinya pada 2019.

    Ratu juga dikabarkan menggunakan tablet untuk menyimpan rekaman kenangan 60 tahun terakhir ke dalam Royal Collection untuk menandai Diamond Jublee-nya di tahun 2012.

    Wah, ternyata selama masa pemerintahannya, Ratu Elizabeth II memang sangat antusias dengan teknologi ya, Uzoners!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini