home ×
Digilife

Dirilis Hari Ini, Begini Cara Update Windows 11

05 October 2021 By
Dirilis Hari Ini, Begini Cara Update Windows 11
Share
Share
Share
Share

Windows 11 (Dok: Microsoft)

Uzone.id - Microsoft hari ini, Selasa 5 Oktober 2021, secara resmi merilis Windows 11 dalam versi yang lebih stabil ke pengguna di seluruh dunia. Pembaruan ini gratis untuk pengguna PC Windows 10 yang kompatibel.

Seperti peningkatan Windows versi sebelumnya, Windows 11 akan tersedia secara bertahap. Perangkat baru yang memenuhi syarat akan mendapat upgrade lebih dulu, disusul perangkat lainnya beberapa minggu bahkan bulan setelah tanggal perilisan.

“Belajar dari Windows 10, kami ingin memastikan bahwa bisa memberikan pengalaman terbaik kepada kalian,” jelas Aaron Woodman, manajer umum pemasaran Windows di Microsoft, dikutip Uzone.id dari The Verge, Rabu (5/10).

Syarat mendasar untuk bisa mendapatkan update ke Windows 11 ini adalah laptop atau PC kalian harus setidaknya memiliki prosesor 64-bit 1GHz dengan dua core atau lebih, RAM 4GB, Memori 64GB dan chip TPM 1.2.

Untuk meningkatkan ke Windows 11, kamu dapat menunggu pembaruan tersedia melalui di “Windows Update”. Jika PC kalian memenuhi semua persyaratan, maka kalian akan melihat Windows 11 tersedia sebagai pembaruan selama beberapa minggu mendatang.

Berikut cara Download dan Update ke Windows 11:

1. Masuk ke Pengaturan (Setting)
2. Pembaruan Windows (Update Windows)
3. Pilih Periksa pembaruan (Software Update).
4. Jika tersedia, akan melihat Pembaruan fitur ke Windows 11.
5. Klik Unduh dan instal.

Windows 11 membawa banyak perubahan ke komputer, termasuk UI baru dengan bilah tugas dan menu ‘Start’ yang diperbarui, Widget, aplikasi Microsoft Store baru dengan dukungan untuk aplikasi Android yang akan datang di masa mendatang, tema, Tata Letak dan Grup Snap untuk multitasking dan manajemen jendela , Penyimpanan Langsung, HDR Otomatis, dan banyak lagi.

Berikut beberapa update fitur di Windows 11:

Menu Start

Menu Start telah dipindahkan ke tengah Taskbar. Ada bilah 'searce' di dalamnya sehingga kamu bisa menemukan dokumen dan aplikasi secara cepat.

BACA JUGA: Pemanfaatan Konektivitas Telkom LoRaWAN di Berbagai Macam Sektor Indonesia

Menu Start juga mengandalkan "kekuatan cloud" untuk mengetahui apa yang sedang kamu kerjakan dan di mana terakhir kali kamu tinggalkan di seluruh perangkat.

Windows 11 memperkenalkan Snap Layouts, dan upgrade ke fitur Snap yang awalnya diperkenalkan di Windows 7.

Saat kamu mengarahkan kursor ke tempat biasa untuk memaksimalkan jendela, kamu bisa memilih dari layout jendela yang telah ditentukan sebelumnya untuk menyematkan aplikasi dan dokumen yang berbeda sesuai kebutuhan.

Opsi akan tergantung pada resolusi keseluruhan layar kamu, dan Windows akan mempertahankan layout itu jika kamu bekerja di antara desktop yang berbeda.

Selain itu, desktop dapat diberi wallpaper dan pintasan aplikasinya sendiri, sehingga kamu bisa memiliki profil yang berbeda untuk setiap jenis situasi yang kamu gunakan untuk PC (kerja, bermain game, dll.).

Widget juga resmi di Windows 11. Sebuah tombol di taskbar akan menampilkan layout widgt yang bisa kamu sesuaikan dengan feeds untuk cuaca, kalender dan saham.

Tampilan Menu Start yang pindah ke tengah

 

Kamu juga bisa mengatur news feeds kamu sendiri, dari publikasi lokal hingga media global yang lebih terkenal.

Pengguna Microsoft yang mengandalkan perangkat konvertibel 2-in-1 akan melihat perubahan baru yang akan memudahkan peralihan antar mode.

Microsoft menyempurnakan cara sistem operasi menangani beralih dari mode komputer ke tablet. Dengan tablet Surface, misalnya, antarmuka tablet akan aktif segera setelah kamu melepaskan keyboard.

Jika kamu memutar perangkat, antarmuka Windows 11 lainnya akan mengikuti. Ada juga keyboard sentuh baru yang berfungsi dan berfungsi seperti yang biasa kamu gunakan di perangkat seluler iOS dan Android kamu.

Ditambah pengetikan suara dan haptics baru untuk stylus untuk menambahkan pengalaman yang lebih nyata di seluruh board.

Etalase Baru

Dengan perubahan antarmuka baru di Windows 11, Microsoft juga membuat ulang toko aplikasinya. Semua aplikasi Windows bisa dengan mudah ditemukan, termasuk Progressives Web Apps, Universal Windows Platform (UWP) Apps, dan Win32 apps.

Microsoft akan mengizinkan pengembang aplikasi untuk memilih platform perdagangan dan sistem pembayaran dalam aplikasi mereka, yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan 100 persen pendapatan.

Aplikasi Android dari toko aplikasi Amazon juga akan terintegrasi dalam OS. Jadi, kamu bisa mengakses aplikasi seperti Ring, TikTok dan Kindle.

Bagus untuk Game

Windows 11 punya fitur baru untuk meningkatkan pengalaman bermain game kamu, yang dibawa dari konsol Xbox.

Windows 11 akan mengaktifkan Auto HDR untuk membantu memperbarui profil pencahayaan dan warna pada game ke rentang high dynamic.

Dari demonstrasi yang dipamerkan Microsoft, Auto HDR bisa membuat judul yang tampak lebih segar seperti Skyrim tampak seperti pengalaman baru.

Baca juga: 3 Alasan Windows 11 Menarik Bagi Gamers

Windows 11 juga akan memperkenalkan Direct Storage. API dirancang untuk membantu mempercepat waktu pemuatan game dan mengingkatkan kinerja game dengan menghilangkan hambatan terkait penyimpanan.

Ini adalah fitur yang sudah dipakai di Xbox Series S dan X.

Terakhir, Xbox Games Pass akan dibangun langsung ke Windows 11. Untuk langganan bulanan, kamu bisa mengakses perpustakaan game yang tersedia di cloud langsung dari PC kamu.

Ada kemampuan hemat cloud dan Microsoft juga akan mengizinkan Crossplay dengan perangkat lain.

Microsoft's Message

Microsoft menggunakan Teams untuk terhubung dengan teman, keluarga dan rekan kerja. Demonstrasi menunjukkan integrasi Teams langsung di Windows.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id