home ×
Digilife

DIsney+ Tarik Film yang Berkaitan Isu Rasisme

28 January 2021 By
DIsney+ Tarik Film yang Berkaitan Isu Rasisme
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Disney mengambil langkah berani dengan menghapus beberapa film di Disney+ yang dianggap mengandung isu dan stereotip rasisme.

Penghapusan ini merupakan bagian dari project mereka “Stories Matter”, sebuah upaya bersama untuk meninjau kembali sejarah terkait stereotip rasisme dan gambaran negatif perusahaan.

Dalam situsnya yang dikutip Uzone.id, Kamis (28/01), Stories Matter menuliskan “Kami tak bisa mengubah masa lalu. Tetapi kami bisa mengakui dan belajar dari kesalahan serta bergerak untuk menciptakan hari esok yang diharapkan hari ini.”

Baca juga: Disney+ Nomor Satu di Indonesia

Nantinya, film-film ini takkan bisa diakses oleh pemilik akun Disney+ yang memiliki usia dibawah 7 tahun. Namun, para pemilik akun yang sudah dewasa masih bisa menonton film-film ini dengan adanya sebuah peringatan di awal streaming.

Sebelumnya, pada 2019, Disney hanya memberikan label peringatan saja pada film-film Disney+, meski peringatan tersebut dianggap tidak terlalu berpengaruh kuat.

Baca juga: Pelanggan Netflix Tembus 200 Juta

Film-film yang dianggap berisi isu rasis tersebut diantaranya, film klasik populer seperti Peter Pan, dan Dumbo. Ada pula film Aristocats, The Lady and the Tramp, The Jungle Book, dan live-action dari Swiss Family Robinson.

Adapun isu rasisme yang terkandung dalam film-film diatas yaitu dianggap menampilkan karikatur rasis masyarakat Asia Timur, adanya gaya dan tarian yang dinilai rasis,  dan penggambaran masyarakat Indigenous dalam gaya yang reduktif dan stereotipikal.

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article