icon-category Digilife

Era TV Digital, Samsung Pede Pasar Smart TV Makin Tumbuh

  • 09 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Ubay Bayanudin, AV Product Marketing Head, Samsung Electronics Indonesia (Dok. Vina/Uzone.id)

    Uzone.id - Peralihan perangkat TV analog ke TV digital terus dilakukan di berbagai wilayah oleh pemerintah. Baru-baru ini, ASO atau Analog Switch Off dilakukan di 220 wilayah Jabodetabek dan wilayah lainnya akan menyusul pada bulan November ini.

    Adanya pandemi ditambah peralihan ke TV digital juga turut mempengaruhi pasar Smart TV. Samsung dengan berbagai perangkat Smart TV mereka juga mengakui adanya peningkatan yang signifikan selama pandemi.

    “Setiap tahun, Smart TV selalu tumbuh dan kontribusinya selalu menjadi lebih besar. Dari sebelum pandemi, kontribusi smart TV pada keseluruhan penjualan TV secara unit mencapai 19,5 persen, lalu tahun 2020 naik menjadi 30,8 persen, tahun 2021 naik menjadi 41,6 persen, dan tahun ini hingga bulan September mencapai angka 52,2 persen,” kata Ubay Bayanudin, AV Product Marketing Head, Samsung Electronics Indonesia, Rabu, (09/11).

    Baca juga: Tahun Depan Terancam Resesi, Begini Strategi POCO Indonesia

    Melihat pertumbuhan Smart TV di pasar TV saat pandemi yang semakin meningkat, Ubay optimis kalau pertumbuhan ini akan terus meningkat, ditambah dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai Analog Switch Off.

    “Menurut saya permintaan (Smart) TV akan terus tumbuh apalagi dengan adanya ASO ini, walaupun kita belum tahu akan sebesar apa. Namun kita selalu optimis perangkat Smart TV ini akan terus tumbuh,” ujar Ubay.

    “Sekarang ASO ini baru mulai pada 2 November kemarin di Jabodetabek, Samsung sebagai salah satu brand yang mendukung pemerintah, sudah menyiapkan line up TV yang keseluruhan adalah digital,” tambah Ubay.

    Baca juga: Samsung Luncurkan Super Smart TV+ Murah, Sudah Dukung TV Digital

    Berbicara soal perangkat pendukung TV Digital, Ubay mengatakan kalau Samsung belum akan menghadirkan perangkat Set Top Box dan masih terus memfokuskan diri pada perangkat Smart TV mereka yang telah tersedia untuk berbagai segmen dan juga kebutuhan pasar.

    Ubay menambahkan kalau Samsung merupakan salah satu brand yang memiliki portofolio yang paling lengkap, Samsung memiliki berbagai produk Smart TV mulai dari 24 inci HD, 32 inci HD, 43 inci hingga 98 inci dan ada ekosistem Lifestyle TV yang hanya dimiliki Samsung serta lainnya.

    “Jadi, range Samsung Smart TV itu sendiri sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda,” jelasnya.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini