home ×
Digilife

Facebook, Instagram, WhatsApp Down Selama 6 Jam, Apa Penyebabnya?

05 October 2021 By
Facebook, Instagram, WhatsApp Down Selama 6 Jam, Apa Penyebabnya?
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi foto: Brett Jordan/Unsplash

Uzone.id - Facebook mengalami gangguan akses selama kurang lebih 6 jam pada 4 Oktober hingga 5 Oktober dini hari. Gangguan akses ini menjadi pemadaman terbesar yang dialami oleh Facebook semenjak tahun 2019 lalu.

Mengutip dari situs Downdetector, Selasa, (05/10/2021) pemadaman global Facebook ini menjadi salah satu yang paling besar yang pernah dilacak Downdetector dalam hal jumlah total laporan (lebih dari 14 juta laporan) dan juga durasi gangguan (6 jam).

Mengenai penyebabnya, Facebook sendiri tidak memberikan informasi secara mendetail namun memberikan garis besar mengenai akar dari gangguan tersebut.

Baca juga: Sepanjang September-Oktober, Facebook Sudah Down Lebih dari 7 Kali

Mike Schroepfer, CTO Facebook awalnya memberikan sedikit informasi mengenai penyebab gangguan akses yang berdampak ke semua aplikasi Facebook, termasuk WhatsApp dan Instagram.

Secara tulus kami meminta maaf kepada semua orang yang terdampak akibat pemadaman layanan yang didukung Facebook saat ini. Kami mengalami masalah pada jaringan dan tim kami saat ini sedang bekerja secepat mungkin untuk memulihkannya.” tulis Mike dalam akun Twitternya @schrep.

Namun, beberapa saat kemudian, Santosh Janardhan, VP of Engineering and Infrastructure Facebook memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai gangguan tersebut dalam sebuah postingan blog.

Menurut keterangan tersebut, gangguan global selama 6 jam tersebut disebabkan karena adanya perubahan konfigurasi pada router backbone nya.

“Tim teknisi kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasi lalu lintas jaringan antar pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini,” tulisnya.

Baca juga: 6 Jam Tumbang, Facebook Rugi Rp856 Miliar

“Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara komunikasi pusat data kami, sehingga (hal ini) menghentikan layanan kami,” tambahnya.

Janardhan juga mengungkapkan bahwa akar dari penyebab gangguan ini adalah perubahan konfigurasi yang salah serta menegaskan tidak adanya bukti penyusupan pada data pengguna saat gangguan berlangsung.

Kini, akses dari Facebook, Facebook Messenger, WhatsApp dan Instagram telah kembali normal. Tetapi akibat dari adanya gangguan ini menyebabkan Mark Zuckerberg mengalami kerugian hingga Rp99 Triliun.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id