Digilife

Sepanjang September-Oktober, Facebook Sudah Down Lebih dari 7 Kali

  • 05 October 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi foto: Facebook

    Uzone.id - 4 Oktober 2021 sekitar pukul 11 malam Facebook beserta aplikasi di bawah naungannya seperti Messenger, Instagram dan WhatsApp mengalami down dan tidak dapat diakses oleh para penggunanya.

    Pada bulan September lalu, Facebook mengalami 7 kali sistem down, yaitu 2 kali down pada tanggal 2 September, 8 September, 11 September, 20, 21 dan 28 September 2021.

    Untuk Instagram sendiri, gangguan ini menjadi kali ketiga selama Oktober ini, berturut-turut dari tanggal 2,3 dan 4 oktober. 

    Dari gangguan yang dialami sepanjang September, laporan yang diterima berkisar dari 80 laporan hingga yang paling tinggi adalah sekitar 500 laporan. Sedangkan untuk gangguan yang terjadi di 4 Oktober ini, laporan mencapai 125 ribu laporan di awal-awal gangguan.

    download facebook error

    Foto: Dok. Downdetector

    Baca juga: WhatsApp, Instagram, Facebook, Messenger Down, Twitter Ramai

    Pada tanggal 4 Oktober ini, Facebook mengalami pemadaman terbesar semenjak terakhir kali terjadi pada 2019. Gangguan ini tak hanya mengganggu Facebook saja namun juga aplikasi-aplikasi di bawah naungannya seperti Facebook Messenger, WhatsApp yang tidak bisa mengirim pesan dan Instagram yang tidak bisa diakses.

    Dikutip dari situs Downdetector, pemadaman global Facebook ini menjadi salah satu yang pernah dilacak Downdetector dalam hal jumlah total laporan (lebih dari 14 juta laporan) dan juga durasi gangguan, yaitu sekitar 6 jam lamanya.

    Pemadaman gabungan dari Facebook, Instagram, WhatsApp dan Facebook Messenger ini berarti bahwa miliaran pengguna telah terpengaruh oleh layanan-layanan tersebut. Cakupan dampaknya jauh melampaui pengguna langsung layanan tersebut.

    Dalam awal pemadaman, Downdetector mendapatkan laporan lebih dari 10,6 juta dari seluruh dunia dengan AS memiliki laporan terbanyak, yaitu 1,7 juta. Jerman menjadi pelapor kedua dengan 1,3 juta, disusul belanda 915 ribu laporan, Inggris 789 ribu dan Italia sebanyak 400 ribu laporan.

    Baca juga: WhatsApp, Facebook, dan Instagram Kembali Normal Setelah Down 6 Jam

    Pemadaman ini semakin meluas ke seluruh aplikasi di bawah naungan Facebook. Tercatat ada sekitar 123 ribu laporan masalah di Facebook, 98 ribu masalah di Instagram, 35 ribu di WhatsApp dan 9,8 ribu di Messenger. Laporan ini mencakup masalah situs web dan aplikasi secara keseluruhan.

    Hingga saat ini, Facebook mengklaim telah memperbaiki sistemnya dan akses sudah mulai normal kembali.

    Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger kembali online sekarang. Maaf atas gangguan yang terjadi hari ini -- Saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang anda sayangi.” tulis Mark Zuckerberg pada halaman Facebooknya, pada pukul 5:54 WIB, 5 Oktober 2021.