icon-category Gadget

Perhatian Apple Fanboy, Harga iPhone 14 Gak Jadi Naik Nih!

Uzone.id - Harga iPhone 14 sebelumnya dikabarkan bakal lebih mahal, otomatis gak sedikit Apple Fanboy yang mungkin kecewa. Namun dari bocoran yang beredar, harga iPhone 14 gak jadi naik dan masih sama dengan iPhone 13 yang meluncur tahun lalu.

Mengutip MacRumors, salah seorang pengguna di blog Naver dengan akun yeux1122, mengungkap bahwa harga iPhone 14 tetap sama dengan iPhone 13, yakni USD 799 atau setara Rp11,9 jutaan.

Ini menjadi model yang paling murah lantaran Apple memutuskan untuk tak membawa versi iPhone Mini. Sebagai gantinya, Apple bakal memasarkan iPhone 14 Plus/Max yang dijual USD 100 atau Rp1,4 jutaan lebih mahal. 

Harga ini diputuskan oleh top manajemen Apple kendati masih terjadi masalah pada rantai pasokan dan harga komponen yang masih belum stabil. Untuk mengakali biaya produksi yang naik, Apple memutuskan untuk tidak meng-upgrade spesifikasi iPhone 14.

Baca juga: Mengenal Fast Charging Tiap Brand Smartphone

Dari rumor yang beredar, iPhone 14 masih ditenagai prosesor yang sama dengan iPhone 13. Perbedaan signifikan di sektor ini terletak pada kapasitas RAM yang ditambah.

iPhone 14 bakal tampil beda

Apple tak lagi mengusung desain ‘layar berponi’ yang bertahun-tahun dipertahankan perusahaan. iPhone 14 akan tampil dengan layar notchless, kamera depan berbentuk punch-hole, Touch ID yang disematkan di dalam layar, bodi berbahan dasar titanium dan kamera belakang yang lebih ‘mencuat’.

Baca juga: Harga iPhone 14 Bakal Semahal Ini?

Ada empat seri yang dibawa Apple pada acara peluncuran yang diprediksi digelar pada September mendatang, iPhone 14, 14 Max/Plus, 14 Pro dan 14 Pro Max.

Khusus iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max akan mendapatkan fitur spesial yang mungkin tidak akan diberikan Apple pada seri iPhone lainnya. Fitur tersebut adalah always on display yang menjadi salah satu fitur unggulan dari iOS 16.

Fitur ini memanfaatkan panel LTPO AMOLED yang juga dipakai oleh kedua iPhone terbaru itu. Nantinya, pengguna bisa menampilkan informasi seperti waktu, tanggal, dan notifikasi yang masuk.

Dua varian tertinggi juga menggunakan kamera utama 48MP, tak lagi memakai sensor 12MP. Ada dua mode pengambilan gambar, 48MP untuk resolusi tertinggi dan 12MP yang pas untuk pemotretan malam hari.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi iPhone 14 Pro dan Pro Max

Kamera utama itu dikombinasikan dengan kamera ultrawide bersensor 12MP serta kamera telephoto dengan kemampuan optical zoom yang lebih baik ketimbang generasi sebelumnya.

Sementara iPhone 14 dan 14 Max/Plus masih menggunakan Apple A15 Bionic, model Pro dan Pro Max ditopang oleh Apple A16 Bionic yang jauh lebih cepat. Prosesor ini menjanjikan performa kelas atas, belum lagi dipasangkan dengan penyimpanan internal sampai 1 TB dan masa pakai baterai yang lebih panjang.

Well, kita nantikan saja kemunculan suksesor iPhone 13 Series ini pada September mendatang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini