home ×
Digilife

Fix Akuisisi Studio Film ‘James Bond’, Amazon Ngebet Kalahkan Netflix?

Fix Akuisisi Studio Film ‘James Bond’, Amazon Ngebet Kalahkan Netflix?
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi foto: American Prospect

Uzone.id -- Belum lama ini, Amazon mengumumkan akhirnya telah mengakuisisi MGM Studios seharga USD8,45 miliar atau setara Rp120,6 triliun. Apakah ini menjadi siasat Amazon untuk mengalahkan Netflix?

Setidaknya banyak yang mempertanyakan hal tersebut, karena persaingan streaming konten sedang sengit seiring hadirnya berbagai pemain seperti Netflix, HBO Max/Go, Disney+, Apple TV+, dan Amazon Prime Video. Dengan akuisisi terhadap MGM Studios yang dikenal sebagai studio film waralaba ‘James Bond’, Amazon dianggap ingin semakin menunjukan kekuatan kontennya.

Hal yang perlu dicatat, melalui akuisisi ini Amazon akan memiliki akses pada 4 ribu lebih film buatan MGM Studios, termasuk rangkaian film ‘James Bond’, ‘Robocop’ serta 17 ribu acara TV lainnya. Koleksi film-film ini akan dimiliki layanan streaming milik Amazon dan bisa diakses pada layanan Amazon Prime.

Baca juga: Pengganti Jeff Bezos Siap Duduki Kursi CEO Amazon 5 Juli

“Nilai finansial yang sebenarnya dibalik kesepakatan ini adalah harta karun berupa kekayaan intelektual dalam katalog yang kami rencanakan akan ditampilkan ulang dan dikembangkan bersama tim-tim berbakat di MGM,” ungkap Mike Hopkins, Head of Prime video and Amazon Studios, dikutip dari Ubergizmo.

Ia menyambung, kami sangat bersemangat dan menyajikan begitu banyak kesempatan untuk ‘bercerita’ dalam kualitas tinggi.”

Di sisi lain, tentu menarik mengetahui bahwa Amazon rela menggelontorkan miliaran dolar demi mencaplok MGM. Amazon melalui Prime Video sebetulnya sudah cukup berkembang dengan menyajikan serial ‘Jack Ryan’, ‘Modern Love’, dan film-film orisinal lain. Selain itu, Amazon juga memiliki IMDb TV, layanan streaming gratis dengan sokongan iklan.

Baca juga: Amazon Kepincut 'Caplok' Studio Film James Bond Rp129 T

Sementara MGM memiliki lisensi terhadap seri ‘Bond’, ‘Legally Blonde’, dan waralaba ‘Rocky’. Tak lupa juga katalog film dan serial populer lain dikantongi MGM seperti ‘Tomb Raider, ‘The Addams Family’, ‘Creed’, ‘Fargo’, dan ‘The Handmaid’s Tale’.

Mengutip The Verge, Amazon berencana untuk mengonsepkan kembali tayangan-tayangan tersebut, entah dibikin remake atau spin-off.

Apakah benar-benar akan menjadi Netflix killer? Tentu hal ini menarik untuk terus dipantau, khususnya dari segi persaingan harga, kualitas layanan, serta variasi konten.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id