icon-category Auto

Gak Perlu Ngebut! Berapa Sih Kecepatan Motor Saat Terjang Hujan Deras?

  • 01 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Musim hujan mulai melanda sejumlah daerah di Indonesia belakangan ini. Bagi pengendara motor, tentunya hujan menjadi tantangan tersendiri yang tak bisa dihindarkan.

Terlebih masih banyak masyarakat Indonesia yang mengandalkan sepeda motor sebagai transportasi sehari-hari. Uzone.id menyajikan tips-tips berkendara yang dapat diterapkan saat musim hujan.

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant mengatakan teknik berkendara di musim hujan harus memperhatikan sejumlah hal. Salah satunya adalah menurunkan kecepatan agar berkendara aman dan terhindar dari bahaya.

"Ketika hujan, visibilitas pengendara itu jadi menurun. Jalanan yang terguyur air juga membuat traksi menjadi tidak maksimal dibandingkan pada saat tidak hujan," ujar Jusri beberapa waktu lalu.

"Oleh karenanya, pengendara wajib untuk menurunkan kecepatan. Jadi jika biasanya berkendara dengan kecepatan 60 km/jam, disarankan diturunkan jadi 40-50 km/jam," lanjutnya.

Jusri juga menjelaskan, visibilitas yang menurun juga dapat mengakibatkan respon yang lebih lambat. Sehingga sangat penting untuk menjaga jarak dengan pengendara lain di depan.

"Jaga jarak juga penting, karena visibilitas yang menurun dapat mengakibatkan respon yang lebih lambat dari biasanya. Dengan menjaga jarak, pengendara memiliki waktu lebih lama untuk bereaksi atas kendaraan di depan," jelas Jusri.

"Kondisi hujan juga sering membuat pengereman motor tidak optimal, sehingga usahakan jarak dengan pengendara di depan lebih jauh dari pada saat kondisi normal," ungkapnya.

Di sisi lain Jusri juga menyarankan semua lampu-lampu kendaraan dapat berfungsi normal.

"Lampu itu selain untuk menerangi jalan, tapi juga sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain. Visibilitas yang menurun saat hujan, dapat terbantu dengan lampu yang berfungsi normal," jelasnya.

Selain gaya berkendara yang harus diubah saat terjadinya hujan, pengendara motor di musim hujan juga harus menggunakan perlengkapan yang tepat. Seperti jas hujan, helm, sarung tangan, sepatu, dan jaket.

Dengan perlengkapan berkendara yang tepat dapat meminimalisir terjadinya cedera saat terjadi insiden yang tidak diinginkan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini