icon-category Gadget

Galaxy A04e Jadi Smartphone Termurah Samsung Tahun Ini

Uzone.id - Portofolio Galaxy A04 Series diperluas lagi oleh Samsung Indonesia. Setelah Galaxy A04 reguler dan A04s, giliran Samsung Galaxy A04e yang meluncur di Indonesia dengan harga paling murah dan membawa spesifikasi terendah.

Samsung Galaxy A04e dibanderol dengan harga Rp1.249.000 saja, dan sudah bisa didapatkan melalui situs resmi Samsung maupun official store perusahaan di e-commerce populer Indonesia.

Slogan ‘e’ di bagian belakangnya mungkin adalah representasi dari ‘ekonomis’. Sebabnya, bukan cuma harga saja yang lebih murah, tapi spesifikasi Samsung Galaxy A04e pun turut dikorting buat menekan banderolnya.

Ketimbang Galaxy A04, smartphone ini punya kamera dengan resolusi yang lebih rendah, juga dengan kapasitas RAM yang lebih minim. Sedangkan dibanding dengan Galaxy A04s, A04e punya layar dengan refresh rate standar, resolusi kamera yang berbeda, tidak ada kamera makro, dan tentu saja perbedaan pada prosesornya.

Baca juga: Samsung Bocorin Rencana Apple, Rilis iPad Lipat di 2024

Kendati demikian, Samsung tetap mengemas smartphone murah ini dengan desain yang cukup identik. Bodinya terbuat dari polikarbonat dengan tiga opsi warna glossy yang mudah banget tertempel jejak sidik jari. Ketiga warna itu adalah Light Blue, Orange Cooper dan Black.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04e

Smartphone ini dilengkapi panel layar PLS LCD berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ saja. Kamera depannya 5 MP, tersimpan pada notch atau poni di bagian atas.

Di belakang, terdapat sepasang kamera 13 MP dan 2 MP depth yang diletakkan pada bingkai frameless di sudut kiri atas bodi. Jujur, desain kamera ini memang terlihat beda dari lainnya dan terlihat ‘lebih mahal’.

Secara dimensi, smartphone ini lumayan kompak dan ringan. Ketebalannya 9,1mm dengan bobot 188 gram saja. Tepian bodinya melengkung, sehingga mudah untuk digenggam dengan satu tangan saja.

Samsung tak menyebutkan jenis prosesor dari Galaxy A04e. Perusahaan asal Korea Selatan ini hanya menyebut prosesor octa-core saja, tapi kemungkinan merupakan MediaTek Helio G35 yang digunakannya.

Baca juga: Pengiriman Smartphone China Jeblok, Apple dan Samsung Berjaya

Kemudian dipasangkan dengan RAM 3 GB yang didukung RAM Plus hingga 3 GB serta memori penyimpanan 32 GB yang bisa diperluas dengan slot microSD. 

Sadar dengan spesifikasinya yang terbatas, Samsung hanya menyematkan OS ringan One UI Core 4.1 berbasis Android 12 pada smartphone ini. Setidaknya, ponsel tidak terlalu ngelag saat dipakai sehari-hari oleh pengguna.

Adapun buat baterainya, smartphone ini membawa baterai 5.000 mAh tanpa dukungan fast charging. Menurut Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Galaxy A04e merupakan smartphone Samsung paling murah saat ini.

“Galaxy A04e adalah smartphone dengan inovasi terkini yang semakin terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat di tanah air,” ucapnya, dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id.

Selain dijual Rp1,2 jutaan, pengguna yang membeli selama masa flash sale pada 7-13 November 2022 akan mendapatkan free Spotify Premium selama 3 bulan dan YouTube Premium selama 2 bulan.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini