icon-category Gadget

Galaxy S23 Ultra Bawa Kamera 200MP, Bisa 'Senggol' Xiaomi 12S Ultra

Uzone.id - Samsung Galaxy S22 Ultra saja punya kamera dengan kualitas luar biasa, bagaimana dengan Galaxy S23 Ultra sebagai seri penerusnya? Dari bocoran yang beredar, kamera smartphone flagship tersebut punya kebolehan yang jauh lebih baik.

Leakster terkenal Ice Universe mengungkapkan kalau Samsung Galaxy S23 Ultra bakal mengusung sensor kamera terbaru. Dikatakannya di Twitter, ponsel baru Samsung itu dilengkapi dengan kamera utama 200MP.

Namun ia tak menyebutkan jenis sensor yang digunakan Samsung. Saat ini, baru ada dua sensor kamera 200MP yang tersedia di pasaran dan semuanya diproduksi oleh Samsung.

Samsung ISOCELL HP1 dan HP3. Varian terakhir merupakan sensor kamera kelas menengah, sementara HP1 digunakan pada smartphone kelas atas seperti Motorola X30 Pro atau Edge 30 Ultra.

Baca juga: Mengenal ISOCELL HP3, Sensor Kamera 200MP

Namun yang jelas, Samsung Galaxy S23 Ultra tak akan menggunakan kedua sensor tersebut. Samsung mungkin akan merancang sensor lainnya yang lebih baik dari ISOCELL HP1 ataupun HP3.

Mengutip dari NotebookCheck, diharapkan sensor 200MP untuk ponsel flagship itu akan bersaing langsung dengan Sony IMX989 pada Xiaomi 12S Ultra. Sensor kamera tersebut menarik perhatian publik lantaran berukuran 1 inci dan dipadukan dengan sistem kamera buatan Leica.

Penggunaan sensor kamera 200MP juga sejalan dengan rumor bahwa ponsel flagship Samsung selanjutnya bakal menggunakan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. Prosesor baru Qualcomm itu memang dapat mendukung kamera tunggal dengan resolusi maksimal 200MP.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12S Ultra

Tentu saja, kamera tersebut dapat menghasilkan keluaran foto pada dua resolusi berbeda. Resolusi dengan piksel yang dipadatkan dan menjadi standarnya, serta resolusi asli 200MP. 

Bagi foto standar, Samsung akan menggunakan skenario pixel-binning yang menghasilkan ukuran piksel menakjubkan pada kamera beresolusi tinggi. Skema ini memberikan hasil yang bagus pada kamera 108MP S22 Ultra, dan seharusnya 200MP pada Samsung Galaxy S23 Ultra bakal jauh lebih baik lagi.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini