home ×
Digilife

Gantikan APK, File AAB Diklaim Lebih Aman

02 August 2021 By
Gantikan APK, File AAB Diklaim Lebih Aman
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Format file Android Package atau Android Package KIT telah dipensiunkan oleh Google mulai Minggu, (01/08 kemarin). Kini, File APK yang sudah dipakai pengembang aplikasi di Android semenjak satu dekade lalu ini akan digantikan dengan format file baru yaitu Android App Bundle (AAB).

Google telah memperkenalkan format AAB pada tahun 2018 di acara Google I/O. Tak jauh beda dengan APK, AAB adalah file besar berisi beragam kode sebuah aplikasi. Yang jadi pembeda terletak dari kemampuan AAB yang dinilai lebih mumpuni karena pendistribusian yang lebih dinamis.

Baca juga: Pendiri Google Jual Saham Sampai Rp14 Triliun

Dengan AAB, pengunduhan dan instalasi aplikasi jadi lebih cepat, bandwidth yang digunakan juga lebih sedikit serta lebih ringan. Untuk lebih jelasnya, berikut keunggulan file AAB dibanding file APK

File AAB lebih kecil dibanding file APK

Google mengklaim jika ukuran aplikasi dalam format AAB akan 15 persen lebih kecil dibanding dalam format APK. Dengan ukuran yang lebih kecil, pengguna diklaim bisa mengunduh aplikasi lebih cepat.

Sifat dinamis dari file AAB mempermudah developer mengunggah satu file AAB dalam ukuran besar. 

File AAB lebih aman 

Format file AAB juga dinilai lebih aman karena melalui proses pengecekan dan verifikasi oleh Google. Google akan mengecek apakah aplikasi yang dipasang pengguna terbebas dari malware atau tidak. Karena pengecekan dilakukan oleh Google, perbaikan bug dan proses modifikasi akan memakan waktu lebih lama.

Baca juga: Teknologi di Balik Lintasan Lari Olimpiade 2021

Sebelumnya, dalam format file APK, proses verifikasi dilakukan oleh developer aplikasi Android.

Aplikasi Gampang di Update

Keunggulan lainnya, developer akan mendapat kemudahan dalam memperbarui aplikasi, pembaruan ini bisa digelontorkan ke perangkat spesifik yang telah ditentukan pengembang. Ini berguna untuk mengecek apakah ada bug atau tidak sebelum disebar ke perangkat.

Kesimpulan yang dapat diambil, format file AAB menjanjikan aplikasi yang lebih kecil, performa yang lebih baik dan kemudahan dalam mengupdate aplikasi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id