home ×
Digilife

Gara-gara El Savador, Nilai Bitcoin Langsung Anjlok

08 September 2021 By
Gara-gara El Savador, Nilai Bitcoin Langsung Anjlok
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash / Andre Francois Mckenzie)

Uzone.id - Nilai Bitcoin dikabarkan anjlok usai pengumuman negara El Savador resmi menggunakan mata uang kripto itu sebagai alat pembayaran yang sah. Nilainya turun bahkan sekitar 20 persen.

Dilansir melalui Independent.co.uk, Rabu, 8 September 2021, nilai Bitcoin langsung jatuh ke angka USD44 ribu sesaat setelah pengumuman berlangsung. Padahal sebelumnya, angkanya masih di kisaran USD52 ribu. Hal ini terungkap dalam data yang dipaparkan oleh CoinMarketCap.

Tak hanya Bitcoin, beberapa mata uang kripto juga ikut mengalami penurunan drastis, termasuk Ethereum (ether), Cardano (ada) dan Binance Coin.

Baca juga: OVO Jadi Alat Pembayaran Digital Terbanyak Digunakan di RI

Penurunan nilai itu dikabarkan juga telah merugikan banyak investor. Sebanyak ratusan miliar Bitcoin hangus dengan total nilai mencapai USD2,35 triliun.

Sebelumnya, El Savador mengumumkan akan menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah sejak 7 September 2021. El Savador menjadi negara pertama di dunia yang mengakui Bitcoin.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, semua mata dunia akan tertuju pada El Salvador, Kami telah mencapai mata uang Bitcoin,” kata Presiden El Salvador Nayib Bukele.

Baca juga: TikTok Kalahkan YouTube dalam Kategori Waktu Rata-rata Menonton

Bukele berharap Bitcoin akan membuka peluang untuk bisnis baru di negara tersebut, baik untuk mengurangi biaya transaksi ataupun menarik wisatawan dari mana saja di dunia.

Meskipun nilai mata uangnya cenderung fluktuatif namun El Savador berani mengadopsi mata uang kripto ini. Dunia sepertinya akan belajar dari El Savador dalam beberapa waktu ke depan, bagaimana dampak penggunaan Bitcoin bagi keberlangsungan sebuah negara.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id