home ×
Digilife

Google Bersih-bersih, Konten dari Akun Tak Aktif Bakal Dihapus Mulai Juni 2021

16 November 2020 By
Google Bersih-bersih, Konten dari Akun Tak Aktif Bakal Dihapus Mulai Juni 2021
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Seperti diketahui, Google telah mengeluarkan kebijakan baru dan akan mulai bersih-bersih akun yang tak aktif. Dalam kebijakan tersebut, pada Juni 2021, Google akan mulai membersihkan konten milik akun yang tak lagi aktif atau telah lama tak digunakan.

Kebijakan tersebut dibuat untuk meloloskan layanan baru akan bisa secepatnya digunakan oleh banyak pengguna Google, yakni Google One. Penghapusan konten dari akun yang tidak aktif ini dikhususkan bagi akun yang tak aktif sejak dua tahun belakangan atau 24 bulan.

"Kami memiliki kebijakan yang baru untuk akun pengguna yang tidak aktif atau telah melebihi batas kuota yang diberikan. Tak hanya Gmail tapi juga Drive dan Google Photos, termasuk Google Docs, Sheets, Slides, Drawing, Forms dan Jamboard. Hal ini kami lakukan akan tetap selaras dengan industri. Kebijakan ini mulai berlaku 1 Juni nanti," tulis Google dalam postingan blognya, seperti dikutip dari The Hindu Business Line, 16 November 2020.

Baca juga: Mulai 2021, Simpan Foto Video di Google Photos Harus Bayar

Tak hanya akun yang tak aktif, Google juga akan menghapus konten-konten milik pengguna yang memorinya sudah terlalu penuh atau batas kuotanya sudah maksimal. Diketahui, batas kuota memori penyimpanan untuk Google Drive, Photos dan Gmail adalah sebesar 15GB.

"Kami akan mengirimkan pemberitahuan kepada anda berkali-kali sebelum kami menghapus konten tersebut sehingga anda memiliki kesempatan untuk memindahkannya atau menghapus sendiri," tulis Google.

Perusahaan raksasa digital di dunia itu memberikan imbauan kepada penggunanya untuk secara rutin memeriksa akun , baik Gmail, Drive maupun Photos untuk membuat akun tetap aktif terus dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Proses login bisa dilakukan secara periodik, setiap kali perangkat terhubung ke internet.

Baca juga: Selama Gratis, Google Photos Tampung 4 Triliun Foto Pengguna

Langkah ini diketahui merupakan salah satu upaya Google untuk mendorong para penggunanya berlangganan layanan Google One. Ini merupakan layanan baru yang diberikan Google untuk mempermudah pengguna berlangganan tempat penyimpanan file atau storage.

Di Amerika, Google One sudah dipaketkan dengan harga USD2 atau sekitar Rp28 ribu per bulan. Dengan berlangganan paket ini, pengguna mendapatkan kapasitas memori penyimpanan sampai 100GB dan akses ke beberapa fitur Google lainnya. Salah satunya mendapatkan diskon ke Google Store.

Sebelum 1 Juni 2021, pengguna disarankan untuk mem-backup foto dan video yang tersimpan di Google Photos agar jatah gratis 15GB bisa digunakan.

Kabarnya jatah gratis 15GB ini tidak akan berlangsung lama. Sebanyak 80 persen pengguna Google Photos akan bisa menyimpan foto dan video tersebut selama tiga tahun ke depan. Nantinya Google akan memberitahukan jika jatah gratis itu akan habis dalam waktu dekat. Kita juga bisa menentukan sendiri sampai kapan free storage itu akan kita gunakan.

Dilansir Cnet, data Google menunjukkan, saat ini ada sekitar 4 triliun foto dan video yang tersimpan di Google Photos. Setiap minggunya, setidaknya ada 28 miliar foto dan video baru yang disimpan ke dalam layanan tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article