home ×
Gadget

Google Kepincut Bikin Kamera Selfie ‘Tersembunyi’ untuk Pixel?

28 December 2020 By
Google Kepincut Bikin Kamera Selfie ‘Tersembunyi’ untuk Pixel?
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi Google Pixel 5 (Foto: T3)

Uzone.id -- Raksasa teknologi Google dikabarkan telah mengajukan paten desain baru untuk ponsel Pixel masa depan, yaitu konsep kamera depan yang dibenamkan di bawah layar.

Dari laporan situs Patently Apple, dokumen yang diajukan Google tidak secara eksplisit menyebut teknologi kamera di bawah layar, namun gambar yang disematkan menunjukan ilustrasi ponsel Pixel yang mengusung layar penuh tanpa ada komponen kamera depan seperti halnya Pixel 5 yang masih memakai punch-hole.

Baca juga: Pixel, Oppo, Vivo dan Xiaomi Rilis Ponsel Lipat Tahun Depan?

Dari sini, muncul implikasi kalau Google kepincut untuk mengembangkan konsep kamera depan ‘tersembunyi’ untuk seri Pixel.

(Foto: dok. PhoneArena/Patently Apple)

Lantas, apakah Google berencana membawa teknologi ini ke ponsel Pixel 6? Tentu masih sulit untuk dipastikan, mengingat Pixel 6 secara teori bakal diluncurkan pada 2021, dan tampaknya pengajuan ini baru sekadar paten dari Google.

Sejauh ini, konsep kamera di bawah layar memiliki tantangan sendiri, khususnya dari transmisi cahaya yang dipercaya dapat berdampak pada kualitas gambar yang dihasilkan kamera. Cahaya layar dapat menjadi masalah karena adanya perbedaan antara pixel-per-inch (PPI) di area sensor kamera dan area layar.

Baca juga: Hasil Jepretan Ponsel dengan Kamera Selfie 'Tersembunyi', Ternyata Mengecewakan

Sekadar diketahui, belum lama ini ZTE merilis ponsel Axon 20 yang mengusung kamera depan di bawah layar. Dari beberapa ulasan media internasional, hasil jepretan selfie ZTE Axon 20 terbilang mengecewakan, karena belum bisa menghasilkan foto ‘normal’ tanpa efek seperti blur atau buram seperti terhalang oleh layar.

Kendati begitu, teknologi layar di bawah layar sejak 2019 menjadi perbincangan menarik untuk inovasi ponsel pintar ke depannya, apalagi bagi brand yang ingin mengutamakan pengalaman layar penuh tanpa ‘gangguan’ notch.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article