home ×
Gadget

Hasil Jepretan Ponsel dengan Kamera Selfie ‘Tersembunyi’, Ternyata Mengecewakan

22 December 2020 By
Hasil Jepretan Ponsel dengan Kamera Selfie ‘Tersembunyi’, Ternyata Mengecewakan
Share
Share
Share
Share

Foto: Android Authority

Uzone.id -- Tren tampilan layar ponsel dengan bezel tipis dan pelan-pelan meninggalkan notch memang sedang marak. Setelah desain kamera pop-up, punch-hole, kini teknologi kamera di bawah layar yang membuatnya seakan tersembunyi turut menjadi bahan eksperimen banyak produsen, salah satunya ZTE.

Sebenarnya perusahaan seperti Oppo sudah memamerkan konsep kamera dibenamkan di bawah layar, namun sampai sekarang belum direalisasikan menjadi sebuah ponsel pintar betulan. Maka, bisa dibilang kalau ZTE menjadi perusahaan pertama di dunia yang nekat meluncurkan ponsel dengan kamera depan ‘tersembunyi’.

Diberi nama ZTE Axon 20, ponsel ini baru meluncur di pasar Amerika Serikat pada Senin (21/12). Tentunya banyak yang penasaran dengan kecanggihan dan pengalaman menggunakan ZTE Axon 20 ini, terutama untuk foto-foto menggunakan kamera depan tersebut.

Baca juga: ZTE Jadi yang Pertama Rilis Ponsel Berkamera Selfie 'Tersembunyi' di Dunia

Secara spesifikasi, ponsel ini mengusung kamera depan 32MP dengan bukaan lensa f/2.0. Sementara untuk kamera belakangnya beresolusi 64MP, 8MP (ultra-wide), 2MP (macro), dan 2MP (depth-sensor).

Dari beberapa ulasan mengenai ZTE Axon 20 yang sudah dicoba oleh sejumlah jurnalis di AS, banyak yang berpendapat kalau hasil jepretan kamera depannya mengecewakan. Mereka menganggap, tahun 2020 ini belum siap kedatangan ponsel dengan teknologi kamera ‘tersembunyi’.

Kebanyakan hasil foto selfienya blur dan seperti lensa yang sedang kotor sehingga menghasilkan efek kabur.

Hasil foto selfie menggunakan ZTE Axon 20. (Foto: ki-ka: Cnet, XDA Developers, The Verge)

Dari analisis seorang reviewer bernama Michael Fisher, dia menunjukan kalau layar ZTE Axon 20 pun memiliki kekurangan, sebab terlihat ada potongan di area di mana pixel layar seperti tersebar demi membuat kamera depannya tetap berfungsi.

Baca juga: Goks, Kamera Depan Oppo 'Sembunyi' di Bawah Layar

Meski dianggap mengecewakan dan belum maksimal, Fisher menilai kalau kamera di bawah layar ini sama seperti kehadiran sensor sidik jari pada 2018 silam. Belum sempurna, banyak masalah, dan kendala.

Hal ini mungkin saja menimpa ke teknologi kamera di bawah layar yang masih membutuhkan waktu pengembangan agar lebih matang sampai akhirnya benar-benar layak dijual di pasaran. Seperti sensor sidik jari yang akhirnya bisa dipakai secara efektif seperti sekarang, banyak yang berharap kamera ‘tersembunyi’ juga bisa berkembang ke depannya.

Diketahui ZTE Axon 20 memiliki layar 6,92 inci dan sudah mendukung jaringan 5G. Ponsel ini dipersenjatai prosesor Snapdragon 765G yang disandingkan dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB.

Dibekali baterai berkapasitas 4.220 mAh, ZTE Axon 20 dibanderol USD449 atau setara Rp6,4 juta.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id