home ×
Digilife

Google: Ponsel dengan RAM 2GB Wajib Pakai Android Go

22 July 2020 By
Google: Ponsel dengan RAM 2GB Wajib Pakai Android Go
Share
Share
Share

Ilustrasi Android Go (Foto: Ist)

Uzone.id - Beberapa  waktu lalu, Google pernah mengeluarkan versi sistem operasi Android Go untuk ponsel dengan RAM 1GB atau 512MB. Belakangan, spesifikasinya ditambah.

Android Go sendiri merupakan sistem operasi Android yang telah dimodifikasi oleh Google sedemikian rupa agar mampu berjalan optimal pada smartphone dengan spesifikasi hardware rendah.

Sistem operasi ini punya kelebihan yakni lebih hemat dalam mengonsumsi kapasitas penyimpanan internal dan RAM.

Nah, seperti dikutip dari Gizmochina, Rabu (22/7), mulai kuartal keempat tahun 2020, Google mengatakan semua ponsel dengan RAM 2GB atau kurang harus diluncurkan dengan perangkat Android Go.

Baca juga: Di Android 11 Dilarang Pakai Fitur Beauty untuk Kamera

Info tersebut berasal dari salinan bocor dari Panduan Konfigurasi Perangkat Android 11 Go Edition Google.

Memo itu mengungkapkan bahwa Google membuat Android Go menjadi persyaratan untuk perangkat baru dengan RAM 2GB atau kurang diluncurkan mulai kuartal berikutnya.

Berdasarkan perkembangan baru ini, kita seharusnya melihat ponsel Android Go dengan kinerja yang lebih baik karena batasnya sekarang dinaikkan menjadi RAM 2GB.

Baca juga: Pandemi Bikin Anak Sering Online, Google Bikin Platform 'Tangkas Berinternet'

Namun, produsen dapat memutuskan untuk tidak meluncurkan ponsel dengan RAM lebih rendah dari 3GB daripada mengadopsi Android Go sehingga mereka dapat mempertahankan UI khusus mereka.

Ambil contoh Xiaomi yang satu-satunya ponsel Android Go adalah Redmi Go . Jika mematuhi persyaratan ini, itu berarti penerus perangkat entry-level seperti Redmi 9A dan Redmi 9C harus menjalankan Android Go dan bukan Android standar dengan MIUI di atasnya.

Itu tampaknya tidak mungkin dilihat karena Redmi Go tidak mendapatkan penggantinya dan Xiaomi tidak akan mengirimkan salah satu seri terlaris tanpa MIUI.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id