icon-category Gadget

Harga Masih Sama, Google Pixel 7 Debut dengan Chip Tensor G2

Uzone.id - Google Pixel 7 resmi diluncurkan. Sesuai prediksi, Google Pixel 7 membawa peningkatan spesifikasi yang cukup signifikan ketimbang generasi sebelumnya, termasuk digunakannya prosesor Google Tensor G2 terbaru dengan kemampuan pengolahan gambar yang lebih baik.

Di acara peluncurannya, Google Pixel 7 juga menjadi ‘ponsel flagship ekonomis’ persembahan Google. Bagaimana tidak, harganya tak berubah, masih USD599 atau setara dengan Rp9,1 jutaan.

Google Pixel 7 ditenagai oleh prosesor Tensor G2 terbaru. Rick Osterloh selaku SVP, Devices & Services Google mengatakan, Tensor G2 membawa teknologi machine learning yang lebih canggih dari sebelumnya.

“Pixel bukan cuna ponsel, tapi ini lebih personal, pintar dan kompak,” katanya, di acara peluncuran Google Pixel 7 Series pada Kamis malam (6/10).

Smartphone ini mengusung layar OLED berukuran 6,3 inci dengan aspek rasio 20:9 yang memanjang. Resolusi layarnya Full HD+ atau 1.080 x 2.400 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 416 PPI.

Layar ini menyuguhkan transisi yang cepat dan mulus berkat dukungan refresh rate 90Hz. Hanya saja, tak ada dukungan refresh rate yang adaptif pada ponsel terbaru Google ini.

Layarnya juga mendukung konten HDR, punya fitur Always-on Display dan dilapisi oleh kaca pelindung Gorilla Glass Victus. 

Baca juga: Segini Doang Skor Benchmark Google Pixel 7 Pro?

Google Tensor G2, lebih aman dan pintar

Google Tensor G2 tak cuma lebih kencang, tapi juga jauh lebih pintar dari Google tensor generasi pertama di Pixel 6 Series. Brian Rakowski, VP Product Management Google menyebut, Tensor G2 mempunyai kemampuan machine learning 60 persen lebih baik dari sebelumnya.

“Membuat smartphone jauh lebih pintar dari sebelumnya. Pixel 7 juga jadi ponsel terbaik untuk asisten suara, untuk panggilan telepon, dan fotografi,” jelasnya.

Didukung oleh chip keamanan Titan M2, Google Pixel 7 juga menjadi smartphone Android paling aman yang pernah dibuat Google. Titan M2 memberikan lapisan keamanan berlapis untuk data-data penting pengguna di smartphone, apalagi, ditambah dengan jaminan update sistem keamanan selama 5 tahun ke depan.

“Ini juga menjadi ponsel paling aman yang pernah kami buat,” imbuh Brian.

Prosesornya dipadukan dengan RAM LPDDR5 8 GB dengan memori penyimpanan berjenis UFS 3.1 sebesar 128 GB atau 256 GB. Soal baterai, smartphone ini ditopang oleh baterai dengan kapasitas 4.355 mAh (typ) yang didukung oleh fast charging 20W.

Baca juga: Samsung Galaxy Ecosytem adalah Ekosistem Android Terbaik Saat Ini

Sepasang kamera di belakang dengan dukungan HDR 10-bit

Google Pixel 7 punya kamera utama 50MP yang dipasangkan dengan kamera ultrawide 12MP. Kamera 50MP punya skema pengambilan gambar Quad Bayer, sehingga foto yang ditangkapnya punya resolusi 12,5MP. 

Kamera ini juga didukung oleh OIS (optical image stabilization) dan EIS (electronic image stabilization). Sementara di depan, kameranya 10,8MP. 

Baca juga: Smartphone Kamera 200MP + OIS Pertama Xiaomi, 12T Pro Resmi Debut

Dengan machine learning yang lebih jago, kamera depan smartphone ini bisa digunakan untuk membuka kunci layar berdasarkan face recognition. Brian mengatakan, face unlock di smartphone ini jauh lebih aman dengan Tensor G2. 

Fitur kamera lainnya di smartphone ini seperti Magic Eraser, Motion Mode, Photo unblur, hingga Real Tone yang jadi fitur kamera andalan dari Google Pixel 7.

Google Pixel 6 tersedia dalam tiga warna, Obsidian, Snow dan Lemongrass. Smartphone ini sudah bisa dipesan secara pre-order melalui situs resmi Google Store.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini