icon-category Ramadan

Hindari 3 Hal Ini Saat Main Medsos Biar Pahala Puasa Gak Minus!

  • 25 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Ngabuburit saat puasa tidak hanya diisi sambil jalan-jalan sore aja, pasalnya banyak juga yang memilih untuk stay di rumah sambil berselancar di media sosial.

Berbagai aktivitas pun bisa dilakukan di media sosial, menonton video pendek Instagram dan TikTok, membaca thread menarik di X, berdiskusi lewat komentar dan memantau tren di masing-masing platform.

Walaupun terkesan aman-aman saja dan tidak berpotensi membatalkan puasa,ternyata beberapa aktivitas di media sosial bisa bikin pahala kita terancam berkurang, berikut diantaranya.

Bergosip dan bullying di komentar atau di postingan

Di era yang apa-apa serba online ini, bergosip atau ghibah tidak hanya dilakukan melalui obrolan langsung, namun juga sudah merambah ke media sosial.

Apalagi sekarang banyak akun-akun gosip di Instagram, Twitter dan kanal Youtube, menjadikan topik perbincangan seputar orang lain seolah menjadi trend. Tak pandang waktu, konten-konten ini juga banyak bermunculan di bulan Ramadan ini.

Melansir dari NU Online, Minggu, (24/03), menggosip, mengumpat, atau membuat berita bohong (hoax), dan bullying di media sosial dalam kondisi puasa hukum puasanya tetap sah, meskipun tidak memperoleh pahala ibadah puasa.

“Apabila seseorang menggunjing (semisal), maka otomatis hasil dosa menggunjing dan pahala puasanya batal. Namun tidak dengan puasanya, sebab hanya menyimpang dari perkara sunah dimana dianjurkan agar menghindarkan puasa dari hal-hal itu (menggunjing), sebagaimana pemahaman beberapa hadits dan telah dijelaskan oleh Imam Asy-Syafi’i dan Ashabnya.” (HR Said bin Muhammad Baisyan, Busyral Karim bi Syarhi Masailit Ta’lim).

Menonton konten yang tak senonoh

Menonton konten yang tidak senonoh atau konten dengan emosi negatif bisa mengurangi nilai ibadah seseorang, apalagi saat berpuasa. Sebagai reminder, berpuasa tidak hanya menahan diri dari makan dan minum saja tapi juga menahan diri dari hawa nafsu dan syahwat.

Nah, memandang dengan syahwat dan berakhlak tercela ketika berpuasa dapat membatalkan pahala dan mengeringkan kualitas pahala seseorang. Maka dari itu, menonton konten tidak senonoh saat kalian berselancar online akan mengurangi pahala ibadah puasa kalian.

Gak tahu waktu

Apapun yang berlebihan memang tidak baik, begitupun dengan bermain media sosial. Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menelusuri berita feeds, membalas komentar, atau membuat konten bisa mengurangi pahala puasa kalian, terlebih ketika hal-hal ini membuat kalian lupa pada sholat dan ibadah lainnya.

Maka dari itu, kalian perlu mengatur waktu ketika bermain media sosial saat berpuasa, jangan sampai ibadah wajib (dan sunnah) kalian terganggu karena aktivitas ini. Fyi, kalian bisa menggunakan fitur reminder dan alarm di Instagram, TikTok dan YouTube untuk membatasi waktu bermain medsos kalian.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini