icon-category Gadget

Huawei MateBook X Pro Resmi di Indonesia, Segini Harganya

Huawei MateBook X Pro (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Huawei membawa laptop tipis MateBook X Pro. Dari spesifikasi yang diusungnya, Huawei MateBook X Pro pas untuk kegiatan kerja mobile, apalagi dengan desainnya yang tipis nan ringan yang membuatnya mudah dibawa kemana-mana.

Laptop ini dibuat dengan material metal dan dilapisi oleh skin-soothing di bagian belakangnya yang membuat laptop tak cuma tampak premium, tapi terasa halus saat digunakan. 

Namun sayangnya, desain ini membuat bodi laptop mudah kotor gegara jejak sidik jari. Ketika kami memegang bodi laptop, terutama bagian belakangnya, sidik jari mudah menempel dan cukup sulit untuk dibersihkan.

Laptop terbaru Huawei MateBook X Pro ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-1260P sebagai mesin utamanya. Karena tipis, wajar kalau Huawei tak menyematkan kartu grafis (GPU) discrete

Baca juga: Huawei MateBook D16 Tampil dengan Desain dan Prosesor Baru

Laptop ini cuma mengandalkan Intel Iris Xe Graphics sebagai chip pemrosesan grafis satu-satunya. Kemudian dipasangkan dengan RAM 16 GB LPDDR 5 yang besar dan memori penyimpanan 1 TB berjenis NVMe PCIe SSD. 

Meski tipis dan ringan, Huawei masih menyertakan sistem pendingin terpadu yang bikin pemakaian jauh lebih nyaman. Sistem pendingin ini terdiri dari tiga lubang udara, kipas pendingin dual shark fin, dan modul vapor chamber

Dengan sistem pendingin ini, performa laptop bisa selalu stabil tanpa penurunan kinerja akibat overheat. Asal tahu saja, kekurangan laptop tipis biasanya terletak pada kinerjanya yang kerap tak stabil akibat panas.

Untuk port, ada jack audio 3,5mm dan empat USB-C dimana dua diantaranya sudah mendukung Thunderbolt 4.0. Oiya, laptop ini ditopang baterai 60 Wh yang dapat diisi dengan singkat berkat fast charging 30W. 

Spesifikasi Huawei MateBook X Pro Lainnya

Huawei MateBook X Pro mengusung layar Real Color FullView Display 14,2 inci pada yang telah memperoleh sertifikasi Eye Comfort 3.0. MateBook X Pro menjadi yang pertama di dunia dengan sertifikasi dari TÜV Rheinland tersebut.

Layarnya pun  dilengkapi teknologi konsistensi warna universal untuk memastikan warna-warna murni ditampilkan sama berkualitasnya pada laptop, smartphone, dan tablet Huawei. Adapun resolusinya sudah 3K atau QHD dengan aspek rasio 3:2 dan mendukung refresh rate hingga 90Hz. 

Walau belum OLED, layarnya dapat menampilkan konten di intensitas cahaya maksimal 500 nits dengan cakupan 1 miliar warna yang berkualitas tinggi. Bezel-nya pun lumayan tipis, padahal masih ada webcam HD di bagian atasnya.

Bobot total laptop ini mencapai 1,26 kg, lengkap dengan enak speaker untuk memaksimalkan pengalaman pengguna. Speaker ini menyuguhkan suaranya yang nendang untuk dengar musik atau nonton film.

Baca juga: Review Huawei MateBook D15, Cocok untuk Multitasking!

Fitur lainnya, tersedia empat mikrofon dengan fitur AI Noise Cancellation untuk mencegah suara pengguna terganggu oleh suara noise, seperti suara ketikan keyboard, nada dering ponsel dan sebagainya.

Dengan ini, suara yang didengar lawan bicara ketika meeting online terdengar fokus dan jernih. Fitur ini didukung pula dengan Personal Voice Enhancement yang meningkatkan suara pengguna ketika menggunakan earphone TWS.

Ada Fitur SuperTurbo

Huawei MateBook X Pro telah berjalan di Windows 11 langsung. Berbagai fitur ala Huawei dihadirkan di OS ini, salah satunya Super Device.

Super Device membuat laptop dapat terhubung ke tablet dan smartphone Huawei secara seamless. Proses transfer data dari ponsel/tablet ke laptop atau sebaliknya, hingga mirroring pun berjalan dengan cepat dan tanpa kendala yang berarti. 

Selain Super Device, ada pula fitur SuperTurbo. Fitur ini mampu menambah performa laptop ketika dibutuhkan pengguna untuk menjalankan aplikasi yang berat.

SuperTurbo pun secara dinamis bisa mengatur manajemen fungsi perangkat keras yang lebih efisien, stabil dan cerdas. Hasilnya, daya baterai laptop bisa lebih terjaga walau performanya tetap maksimal selama penggunaan.

SuperTurbo sendiri sudah terintegrasi pada laptop, dalam hal ini di sistem Windows 11, aplikasi, firmware dan bagian penting lainnya dari laptop. 

Harga dan Ketersediaan

Huawei MateBook X Pro dibanderol dengan harga Rp32,9 jutaan di Indonesia. Dalam penjualan pertamanya secara online, konsumen berhak mendapatkan ragam hadiah, seperti tas, mouse, hingga Microsoft Office yang telah terinstall di laptop. 

Di toko resminya di Tokopedia, total hadiah yang didapatkan pengguna mencapai Rp3,2 juta.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini